Berita

    Kenali Jenis & Fungsi Dari Minyak Kendaraan Pada Mobil.

    Minyak rem bukanlah jenis komponen mobil yang terkenal. Namun, komponen satu ini memiliki peranan vital pada mobil Anda. Hal ini karena kinerja komponen pada rem mobil Anda akan optimal dengan adanya minyak kendaraan ini.

    Untuk tahu jenis minyak pada rem yang cocok untuk mobil yang Anda miliki, silahkan simak ulasan berikut mengenai jenis minyak pada rem mobil yang mungkin Anda belum tahu. Dengan pengetahuan dasar akan komponen satu ini dapat membuat Anda lebih selektif dalam memilih jenis minyak yang cocok untuk kendaraan Anda.

    Jenis-jenis Minyak Rem Mobil

    • DOT 3

    DOT 3 merupakan jenis minyak pada rem mobil yang bahan dasarnya berupa polyglycol ether, di mana minyak satu ini bisa menyatu dengan air. Anda bisa dengan mudah mendapati minyak jenis ini di pasaran.

    Adapun kekurangan yang dimiliki minyak rem satu ini yaitu dapat merusak cat mobil, merusak karet alami pada mobil, dan jika Anda tidak menggantinya secara berkala bisa menimbulkan karat pada mobil.

    • DOT 4

    Minyak pada rem mobil jenis DOT 4 paling sering digunakan oleh mobil keluaran lama. Sama seperti minyak DOT 3, minyak DOT 4 mudah Anda beli atau temukan di pasaran. Selain itu, titik didih dari minyak satu ini lebih tinggi dari DOT 3.

    Sehingga ketika sistem rem mengalami peningkatan panas tidak akan menyulitkan atau mempengaruhi kinerja minyak DOT 4.

    Di sisi lain, kekurangan dari minyak jenis ini yaitu dapat merusak cat mobil dan tidak mudah menyerap air. Selain itu minyak DOT 4 dapat menyebabkan korosi pada rem mobil Anda dan harga minyak rem mobil ini pun cenderung lebih mahal dibandingkan minyak sebelumnya.

    • DOT 5

    Jenis minyak DOT 5 adalah jenis minyak dengan bahan dasar silikon. Keunggulan dari minyak jenis ini yaitu ketika digunakan tidak akan merusak cat pada mobil Anda. 

    Karena berbahan dasar silikon, minyak satu ini tidak bisa menyerap air. Sehingga sangat cocok ketika digunakan dalam keadaan lembab dan cocok untuk bermacam-macam jenis karet rem mobil.

    Adapun kekurangan dari minyak ini yaitu adanya pelumas pada minyak menyebabkan tenaga yang diperlukan untuk melakukan pengereman menjadi lebih besar. Selain itu untuk mobil dengan fitur rem ABS tidak cocok untuk menggunakan minyak DOT 5.

    • DOT 5.1

    Jenis minyak rem yang terakhir yaitu 5.1. DOT 5.1 merupakan versi terbaru dari minyak jenis DOT 5. Hal yang membedakan DOT 5 dan DOT 5.1 adalah bahan dasar pembuatan minyaknya.