Berita

    Ketahui Fungsi & Cara Kerja Pada Relay Mobil

    Salah satu komponen elektronika pada mobil yang paling sering kita dengar adalah relay. Fungsi relay adalah untuk  mengontrol beban arus listrik besar menjadi lebih kecil. Penggunaan relay umumnya untuk menjaga kestabilan daya listrik pada lampu dan klakson mobil.

    Pada relay terdapat dua komponen yaitu kumparan atau elektromagnet dan bagian kontak (saklar). Selain itu relay memiliki empat soket yaitu 30, 85, 86, dan 87 yang memiliki fungsi berbeda antara satu dengan yang lain. Soket 30 dan 87 terhubung pada bagian kontak point, sementara soket 85 dan 86 dikaitkan dengan bagian elektromagnetik. 

    Cara Kerja Relay

    Relay tersusun oleh dua komponen yang mendukung cara kerjanya yaitu kumparan atau elektromagnet dan bagian kontak (saklar). Kinerjanya mirip platina, arus listrik dapat mengalir bila kontak terhubung dan akan terputus saat kontak terbuka.

    Terdapat dua jenis relay yaitu tipe elektromagnetik dan tipe resistor pada sistem kelistrikan mobil. Tipe elektromagnetik menjadi tipe yang paling banyak digunakan saat ini.

    Ada beberapa keuntungan yang bisa didapat dari penggunaan relay pada lampu mobil Anda. Antara lain menambah pencahayaan lampu mobil Anda menjadi terang, biaya perawatan yang murah, tahan lama, dan pencahayaan mobil terlihat bagus dengan kondisi aliran listrik yang stabil.

    Fungsi Relay

            1. Sebagai Saklar

    Relay pada mobil bisa difungsikan sebagai saklar yang kerjanya dikendalikan oleh magnet listrik. Penggunaan relay membuat saklar lampu mobil menjadi lebih awet karena arus listrik utama mobil tidak melalui saklar lampu mobil lagi, tetapi melalui relay lampu mobil.

            2. Mengurangi Hambatan Arus

    Penggunaan relay pada mobil Anda membuat komponen seperti lampu dan klakson akan menerima tenaga baterai tanpa melalui saklar. Sehingga arus listrik akan tetap berdaya cukup besar karena semakin pendeknya rangkaian yang harus dilalui arus listrik tersebut. Hal ini berdampak langsung pada nyaringnya suara klakson maupun nyala lampu mobil yang lebih terang.

            3. Pelindung Saklar Kombinasi

    Fungsi relay berikutnya yaitu untuk mengalihkan panas dari mobil sehingga bisa melindungi kondisi saklar. Panas yang dihasilkan dari mesin ketika dihidupkan pun tak akan membuat saklar mobil Anda meleleh.