Berita

    Ketahui Penyebab Mobil Limbung & Cara Mengatasinya

    Apakah mobil Anda pernah oleng ke kanan atau ke kiri saat ia berjalan zig zag? Nah, itu dinamakan sebagai mobil limbung.

    Anda perlu tahu bahwa kondisi ini berpotensi membahayakan penumpang. Namun, ia dapat diminimalisir jika pengemudi memahami autonomi mobilnya. Sebab, jika bukan setelan dari pabrik, pasti penyebabnya adalah modifikasi atau bisa juga kerusakan komponen.

    Namun sebelum mencari tahu tentang penyebab pasti terjadinya hal ini, Anda sebaiknya memahami betul pengertiannya terlebih dahulu.

    Pengertian mobil limbung

    Mobil limbung atau yang biasa disebut sebagai body roll merupakan istilah yang merujuk pada keadaan dimana sebuah kendaraan roda empat (khususnya berpostur tinggi besar seperti SUV, minibus, truk, atau bis besar) mengalami lemparan ke luar jalur.

    Hal ini disebabkan oleh efek gaya sentrifugal dan sulitnya suspensi kendaraan untuk memberikan umpan balik guna menurunkan besarnya dorongan itu. 

    Tidak hanya ada saat berbelok dengan kecepatan tinggi, keadaan ini juga dapat terjadi pada saat kendaraan berjalan dengan kecepatan tinggi namun tiba-tiba berpindah jalur. Jika Anda pernah mengetahui truk berayun ke kanan dan ke kiri, itulah contohnya.

    Nah, setelah mengetahui pengertian mobil limbung, Anda kini sebaiknya tahu detail penyebabnya.

    Penyebab dan cara mengatasi mobil limbung

    Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, body roll bisa terjadi karena adanya kerusakan komponen mobil. Berikut adalah komponen-komponen tersebut.

    • Melemahnya shock absorber

    Penyebab terjadinya body roll yang pertama adalah melemahnya shock absorber. Komponen ini berfungsi sebagai untuk meredam gerakan osilasi mobil ketika melaju pada jalanan yang tidak rata.

    Ketika kondisi shock absorber sudah tidak begitu baik atau melemah, pastinya ia tidak mampu meredam gerakan osilasi tersebut, dan terjadilah body roll

    Hal ini berpotensi membahayakan penumpang, karena ketika melewati tikungan dengan kecepatan maksimum, maka mobil akan limbung dan seakan-akan hendak terguling.

    • Keusangan dan kelonggaran ball joint

    Ausnya ball joint sedikit saja sudah dapat membuat pengemudi tidak nyaman ketika berbelok di tikungan. Apalagi jika telah aus dan longgar, maka ia dapat memperburuk sudut-sudut kemudi di bagian ban dan suspensi mobil Anda. 

    Dengan buruknya sudut-sudut kemudi serta suspensi tersebut, maka ball joint ini dapat menyebabkan mobil limbung dan menciptakan bunyi layaknya besi yang tengah dipukul.

    • Keusangan dan kelonggaran bushing suspensi