Berita

    Mengenal 12 Komponen Rem Cakram Mobil

    Dua belas komponen rem cakram mobil adalah bagian yang penting bagi mobil. Tanpa adanya komponen-komponen tersebut, maka Anda akan kesulitan dalam menghentikan mobil. 

    Bahkan gangguan pada satu komponen saja, bisa berakibat fatal bagi pengendara. Maka dari itu, kali ini akan dibahas kedua belas komponen tersebut. Dengan begitu, Anda bisa lebih mengenalnya dan paham bila ada masalah.

    Komponen Rem Cakram Mobil

    Jadi, apa saja komponen penyusun rem cakram pada mobil? Berikut diantaranya:

            1. Pedal

    Anda pasti tahu apa itu pedal, bukan? Ya, pedal adalah komponen yang menjadi awal pengereman sehingga bisa terjadi. Hanya dengan menginjaknya sekali, maka mobil pun bisa berhenti. 

            2. Piston Brake

    Piston brake mempunyai tugas penting pada rem cakram mobil, yaitu menekan kampas rem ke piringan cakram itu sendiri. Salah satu ujung dari komponen ini berbentuk lekukan.

    Fungsinya adalah sebagai tempat penyimpanan karet untuk melindungi dari debu. Piston brake berada di dalam caliper.

            3. Seal Piston

    Seal piston merupakan bagian paling penting dalam piston brake. Fungsi dari komponen ini adalah menarik piston lagi setelah mengerem agar bisa kembali ke posisi semula. 

    Tak hanya itu saja, seal piston juga berfungsi sebagai penutup aliran minyak dari sistem hidrolik saat pengereman terjadi.

            4. Caliper

    Caliper juga merupakan komponen penting pada rem cakram mobil. Fungsinya adalah sebagai penghimpit antara kampas rem dengan piringan. Selain itu, komponen ini juga menjadi penyangga kampas rem pada piston. 

    Caliper bisa bekerja karena ada tekanan dari minyak rem. Ada dua caliper, yaitu fixed caliper yang menyatu dengan komponen lain dan floating caliper yang bisa bergerak bebas.

            5. Caliper Bracket

    Komponen rem cakram mobil yang satu ini adalah sebagai tempat dudukan dari caliper. Dengan begitu, ia dapat menahan posisinya agar berada di tempat yang sama. Caliper bracket ini pun bisa langsung terhubung dengan steering knuckle.

            6. Kampas Rem

    Kampas rem adalah komponen yang sering disebutkan. Fungsinya adalah menekan cakram. Dengan demikian, putaran cakram akan berhenti hingga laju mobil juga ikut berhenti karena adanya gaya gesek yang kuat.