Berita

    Wajib Tahu! Penyebab dan Cara Mengatasi Oli Mobil Yang Rembes

    Mencari tahu hal apa saja yang jadi pemicu oli mobil rembes termasuk solusinya sangatlah penting bagi pemilik kendaraan. Oli punya peran yang penting sebagai pendingin mesin dan sebagai pelumas komponen-komponen mesin mobil.

    Karena itulah, sirkulasi oli harus lancar agar gesekan antar mesin tidak terlalu besar. Artikel kali ini akan membahas berbagai sebab oli bisa merembes dan bagaimana cara untuk mengatasinya.

    Beberapa Penyebab Oli Mobil Rembes

    Saat cairan oli merembes tidak di waktu yang tidak tepat bisa membuat mesin rusak, mengotori lingkungan, dan membuat mesin cepat panas. Bagaimana ini bisa terjadi, ketahui sebab-sebabnya di sini!

    • Seal Oli Getas

    Oli mobil yang bocor pertama-tama bisa disebabkan karena keausan atau keretakan pada seal atau penutup oli. Kondisi ini umumnya terjadi akibat usia komponen atau pemasangan seal kurang presisi. 

    • Seal Kompresor Aus

    Gesekan antara komponen kompresor bisa jadi penyebab keausan tersebut. Perhatikan penggunaan dan masa pakai seal kompresor kendaraan Anda.

    • Baut Penutup Rusak

    Selanjutnya, penyebab oli mobil rembes bisa jadi karena baut penutup tidak dalam kondisi baik. Kondisi ini dapat menyebabkan baut menjadi terlalu ketat, miring, atau berkarat, dan jadi terlalu longgar.

    • Bak Oli Mengeras

    Penyebab berikutnya oli mobil bisa rembes adalah karena terjadi paking karena efek penuaan. 

    Sebagaimana yang Anda tahu, komponen paking atau bak oli ini berperan sebagai penghalang kebocoran oli dan juga dikenal sebagai separator antara bagian cylinder head dan cylinder block

    Apabila terjadi kerusakan pada komponen ini, dapat dipastikan bahwa level oli pada mobil akan berkurang dan menyebabkan oli merembes ke bagian komponen mesin lainnya.

     

    Cara Mengatasi Oli Mobil Rembes

    oli mobil rembesPexels.com

    Saat Anda mengalami kondisi seperti ini, tidak perlu panik, ya. pasalnya kami sudah siapkan panduan yang bisa Anda lakukan untuk mengatasinya. Bari intip penjelasannya di sini!

    • Periksa Kondisi Baut

    Cek kondisi baut. Baut yang telah lama digunakan, bisa jadi kendor atau daya rekatnya berkurang. Untuk memperbaikinya, kencangkan dengan kunci khusus.

    Pastikan ia terpasang dengan baik agar ulir karter tidak rusak. Jika baut sudah longgar, segera ganti baru.

    • Cek Ring Mobil

    Cara mengatasi oli rembes selanjutnya adalah mengecek kondisi ring mobil.  komponen ada agar kebocoran oli bisa dicegah. Nah, jika ring ini rusak, oli bisa merembes dan mengotori komponen mesin.

    • Ganti Packing Baru

    Jangan tunda penggantian bak oli. Kalau sudah mengeras, ganti yang baru. Lakukan ini dengan hati-hati dan pastikan Anda sudah tahu cara menggantinya. Kalau belum, minta ahlinya untuk melakukan penggantian.

    • Gunakan Seal

    Seal adalah benda yang efektif membereskan oli merembes. Benda ini mampu mencegah oli bocor. Selain seal cair, ada juga seal tape yang bisa Anda gunakan untuk menutup kebocoran oli.

    Saat memasang seal tape, perhatikan volume oli, jangan sampai berkurang. Nah, seal tape juga bisa digunakan untuk membungkus ulir baut juga.

    • Mengganti Komponen Rusak atau Segel Aus

    Beberapa komponen pada mobil mempunyai poros yang terkoneksi dengan beberapa komponen berbeda. Demi mencegah kebocoran oli, terdapat gasket pada sambungan tersebut.

    Pemutaran poros tersebut menyebabkan suhu meningkat drastis, kemudian turun sampai titik beku. Hal ini dapat merusak gasket dan menyebabkan rembesan oli.  Mungkin awalnya sedikit, tapi lama-lama waktu, rembesan oli bisa meningkat.