Berita

    Planetary Gear: Fungsi, Komponen & Cara Kerjanya

    Planetary gear unit merupakan salah satu bagian utama mesin yang berfungsi untuk menurunkan dan menaikkan momen mesin serta kecepatan. 

    Tidak hanya itu, fungsi planetary gear unit yang lain yaitu untuk memaju-mundurkan kendaraan, menghasilkan tenaga, dan mengefisienkan energi saat kendaraan mengangkut beban yang berat.

    Anatomi planetary gear unit

    Benda ini memiliki tiga jenis gigi cincin di dalam ring gear. Diantaranya adalah planetary carrier, sun gear, dan gigi pinion.

    Planetary carrier terhubung bersama poros tengah per gigi pinion ia adalah memicu berputarnya gigi pinion tersebut. Tidak hanya itu, gigi-gigi di planetary carrier terhubung satu dengan lainnya.

    Penamaan planetary carrier sendiri disebabkan oleh gigi pinion berprinsip kerja seperti planet yang mengitari matahari. Kemudian umumnya, planetary carrier diintegrasikan dalam unit planetary carrier.

    Komponen planetary gear unit yang utama

    Komponen utama unit ini adalah sun gear, pinion gear, dan ring gear. Berikut adalah penjelasan ringkasnya.

    • Sun gear

    Komponen ini terletak di pusat atau tengah susunan gear unit. Seperti layaknya matahari, sun gear dikelilingi oleh semua komponen.

    Soal rancangan, helical gear atau spur gear merupakan model yang lazim digunakan untuk sun gear. Dalam jumlah gigi, sun gear biasanya mempunyai lebih sedikit gigi daripada jumlah gigi yang terdapat pada gear unit lain.

    Mengenai perputaran dan tautan, semua gigi sun gear senantiasa tertaut dengan gigi-gigi yang ada pada pinion gear.

    • Pinion gear

    Posisi komponen unit yang satu ini ditempatkan mengelilingi poros pusat sun gear. Tidak hanya itu, ring gear atau annulus gear pun melingkari komponen ini di dalam sebuah kerangka berjuluk planetary carrier.

    Planetary carrier sendiri merupakan komponen yang tercipta dari bahan besi campuran di mana pada tiap ujungnya tersedia sebuah shaft yang berperan sebagai poros berputarnya planetary pinion gear.

    • Ring gear atau annulus gear

    Komponen planetary gear unit ini memiliki posisi yang terletak di jalur terluar unit ini. Ia terkait dengan pinion gear serta mengelilingi semua pinion gear dan juga sun gear.

    Ring gear bertanggung jawab sebagai pengikat yang bertugas untuk menahan semua gear set serta mewariskan kekuatan yang masif pada unit. 

    Dikarenakan ring gear diposisikan pada letak terjauh dari posisi pusat, lantas ia pun berperan sebagai tuas paling besar di poros pusat.