Berita

    Hal-Hal yang Berdampak Buruk bagi Rem Mobil

    Rem mobil menjadi salah satu komponen penting yang berpengaruh pada keamanan Anda saat berkendara. Bagian ini termasuk ke dalam fitur keamanan utama yang tidak hanya menjaga keamanan pengemudi namun juga pengguna jalan lainnya. 

    Namun ada beberapa kondisi yang ternyata bisa memberi dampak buruk bagi rem. Tentu hal ini harus Anda pahami sebagai pengguna mobil agar kondisi rem selalu bagus dan bisa menjalankan fungsinya secara optimal. 

    Hal-Hal yang Merusak Rem Mobil

    Seringkali pengguna hanya fokus mengendarai mobil saja dan tidak sadar untuk menjaga setiap komponennya dengan baik. Padahal ada banyak jenis hal yang bisa merusak komponen tertentu pada mobil Anda, termasuk rem. 

    Bayangkan saja jika rem Anda rusak, pasti akan sangat berbahaya. Anda jadi sulit mengendalikan laju mobil bahkan tidak bisa menghentikannya di waktu yang tepat. 

    Demi mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diharapkan, lebih baik Anda melakukan antisipasi. Berikut ini beberapa hal yang bisa merusak rem mobil Anda dan sebaiknya dihindari:

    • Kehabisan Minyak Rem

    Pertama adalah kondisi dimana minyak rem di mobil Anda habis. Kondisi ini sebenarnya sangat berbahaya dan sebaiknya tidak pernah terjadi pada mobil Anda mengingat fungsi penting dari minyak rem itu sendiri. 

    Minyak rem berfungsi penting dalam memberi tekanan di bagian piston sehingga kanvas rem berfungsi optimal. Saat minyak rem berkurang drastis, maka fungsi rem akan menurun jadi harus segera dibawa ke bengkel. 

    • Kanvas Rem yang Aus

    Hal berikutnya yang akan membuat rem rusak adalah keausan pada kanvas rem. Jika komponen ini aus, biasanya akan muncul suara aneh ketika Anda menginjak rem dan kondisi ini bisa bertambah parah. 

    Kanvas rem yang aus sebaiknya tidak dibiarkan begitu saja. Anda harus segera membawa mobil ke bengkel dan melakukan penggantian kanvas rem yang baru. 

    • Kebocoran Sistem Pengereman

    Adanya kebocoran pada sistem pengereman juga bisa memicu penurunan fungsi dari rem itu sendiri. Biasanya kebocoran seperti ini terjadi di dua tempat yaitu di bagian master rem dan selang saluran rem. 

    Kebocoran tersebut umumnya dipicu karena pemakaian rem yang panjang dan berat secara terus-terusan. Sebaiknya segera lakukan pemeriksaan agar kebocoran tersebut bisa langsung diatasi. 

    hal-hal yang buruk bagi rem mobil

    • Kerusakan Piston Rem

    Berikutnya ada kerusakan piston rem yang juga bisa memicu penurunan fungsi rem. Piston rem yang rusak tidak akan memiliki kemampuan untuk meneruskan tekanan hidrolik dari pedal agar bisa menekan kanvas rem. 

    Jika hal ini terjadi maka sistem pengereman akan macet dan tidak berfungsi. Ini sangat berbahaya karena bisa memicu kecelakaan saat berkendara.  

    • Sumbatan Selang Oli Rem

    Kerusakan rem juga bisa disebabkan oleh adanya sumbatan pada selang oli rem. Biasanya sumbatan ini terjadi karena tumpukan kotoran yang masuk saat pengisian minyak rem dan harus segera dibersihkan. 

    • Minyak Rem Kotor

    Kondisi minyak rem yang kotor ternyata juga bisa menyebabkan penurunan performa rem. Biasanya ini terjadi saat Anda memakai minyak rem murahan dan endapannya berubah jadi kotoran. 

    Lebih baik pakailah minyak rem yang berkualitas agar hal ini tidak terjadi. Selain itu Anda juga harus mengganti minyak rem secara berkala agar tidak kotor dan mengganggu kinerja rem itu sendiri. 

    • Vapour Lock

    Selanjutnya ada sebuah kondisi yang disebut vapour lock. Ini merupakan kondisi ketika minyak rem Anda menguap. Biasanya ini terjadi karena mesin terlalu panas dan sebaiknya segera diatasi dengan penggantian minyak rem yang baru.