Berita

    Ketahui Tips Menghemat BBM Pada Mobil

    Baru-baru ini, pemerintah menaikkan beberapa harga Bahan Bakar Minyak (BBM). Hal ini jelas sangat berpengaruh pada kantong. Maka dari itu, langkah yang bisa dilakukan adalah dengan menghemat BBM.

    Sebab jika tidak melakukan penghematan, maka pengeluaran untuk membeli bensin pasti akan sangat membengkak dan memakan begitu banyak budget. Padahal mobil sangat memerlukan bahan bakar ini untuk membantu Anda dalam melakukan aktivita sehari-hari. Jadi, PR terbesar yang dapat Anda lakukan adalah dengan melakukan penghematan.  

    7 Cara Menghemat BBM

    Tenang saja, Anda bisa melakukan beberapa tips berikut untuk menghemat bensin. Berikut tipsnya:

            1. Selalu Panaskan Mesin Mobil Sebelum Menggunakannya

    Apabila Anda memiliki kebiasaan untuk berkendara tanpa memanaskan mesin mobil, sebaiknya segera tinggalkan kebiasaan ini. Mulai sekarang, mulailah memanaskan mesin kendaraan. 

    Fungsinya, supaya putaran mesin menjadi stabil sebelum menjalankan tugasnya. Agar konsumsi bahan bakar tidak langsung melonjak dan mengakibatkan boros bensin.

            2. Batasi Penggunaan AC

    Pendingin pada mobil juga membuat konsumsi bahan bakar meningkat. Maka dari itu, sebaiknya batasi penggunaan AC pada mobil.

    Apabila Anda masih bisa menahan panas, lebih baik buka jendela mobil. Namun apabila harus menggunakan AC pun, atur suhunya agar tidak terlalu tinggi. 

            3. Jangan “Ngebut”

    Kebiasaan menambah kecepatan secara maksimal alias kebut-kebutan, mampu menyedot bahan bakar lebih banyak. Sebab, Anda akan menekan pedal gas secara maksimal ketika kecepatan kendaraan naik.

    Selain itu, mengemudi dengan kecepatan tinggi juga membuat tugas pedal rem lebih banyak. Apalagi jika jalan dalam keadaan ramai. Maka sedikit-sedikit akan menekan rem, yang membuat bahan bakar juga berkurang.

    Tips yang bisa Anda lakukan ketika ingin melaju dengan kecepatan tinggi adalah pastikan menaikkan laju secara bertahap. Sehingga BBM tidak langsung tersedot. Selain itu, perhatikan kondisi jalan. Jika memang memungkinkan tidak terlalu menggunakan rem, maka tidak masalah menaikkan laju kendaraan.

    Pastikan Anda selalu hati-hati saat berkendara ya! Segera kunjungi https://suzukiarindo.co.id/ untuk mendapatkan tips/informasi berkendara lainnya. 

            4. Matikan Mesin Jika Berhenti