Berita

    Penyebab dan Mengatasi Bunyi-Bunyi Aneh pada Mobil Anda

    Seiring umur kendaraan yang bertambah, bunyi aneh pada mobil bisa saja muncul selama berkendara. Kenyamanan pun akan terganggu lantaran bunyi-bunyi tersebut. Nah, untuk mengatasinya, pastikan Anda mencari tahu dulu penyebabnya melalui ulasan ini!

    Penyebab Bunyi Aneh pada Mobil

    Ada beberapa penyebab dari munculnya bunyi aneh yang keluar saat berkendara. Di antaranya adalah sebagai berikut: 

    • Muncul Suara Gemerisik Secara Berlebihan dari AC

    Untuk mobil yang sudah berusia lebih dari lima tahun, bisa jadi akan muncul bunyi gemerisik yang keluar saat AC dinyalakan. Penyebabnya, bisa dari bearing kompresor yang sudah aus dan sudah perlu diganti. 

    • Bunyi Mendengung dari Mesin

    Ada dua hal yang menyebabkan keluarnya suara mendengung dari mesin mobil. Di antaranya van belt (v-belt) terlalu kendor atau kencang, serta bagian leher alternator mengalami keausan. 

    V-belt yang sudah bermasalah tapi tidak segera diperbaiki, akan rawan putus. Akibatnya, water pump pada mesin tidak akan mampu bekerja secara maksimal sehingga menyebabkan overheat di bagian mesin. 

    • Bunyi Gemuruh dari Kolong Mobil

    Saat berkendara, Anda mendengar suara gaduh dari sisi kolong mobil. Adanya komponen di sisi kaki-kaki mobil yang mulai aus bisa menjadi penyebabnya. Umumnya, suara ini akan muncul saat kecepatan mobil sudah di atas 50 km/jam. 

    Komponen yang umumnya ada di bagian kaki mobil di antaranya karet bushing arm, ball joint, tie rod, serta shock breaker. Bila salah satu atau semua komponen tersebut sudah aus, suara gaduh akan semakin nyaring terdengar. 

    • Bunyi Mendecit dari Kabin (Luar dan Dalam)

    Bunyi aneh yang keluar dari mobil bisa juga berasal dari kabin, baik di sisi dalam maupun luarnya. Nah, biasanya itu disebabkan karena adanya gesekan antar komponen logam yang ada di bagian kabin. 

    Untuk mengetahui sumber bunyi itu berasal dari mana, lakukan pemeriksaan di bengkel langganan. 

    Cara Mengatasi Bunyi Aneh yang Keluar dari Mobil