Berita

    Simak Cara Membersihkan Kabin Mobil yang Bisa Dilakukan di Rumah

    Kabin merupakan ruangan mobil di bagian dalam yang wajib dijaga. Kabin mobil harus selalu dibersihkan agar pengemudi maupun penumpang merasa nyaman. Selain itu, ruang mobil yang bersih juga menandakan bahwa kabin tersebut sehat.

    Cara Membersihkan Ruang Kabin Mobil

    Pada dasarnya tidak terlalu sulit untuk membersihkan ruang kabin. Berikut sudah kami rangkum cara-caranya di bawah ini.

            1. Mulai dari Bagian Bawah

    Alangkah baiknya proses pembersihan mobil dilakukan dari bagian bawah, atau bagian karpet. Bagian bawah mobil cenderung lebih kotor dibandingkan dengan bagian lainnya. Bagian bawah atau dasar kabin juga sering bersinggungan dengan alas kaki yang selalu kotor.

    Bersihkan karpet dari remah-remah, debu dan kotoran. Agar lebih maksimal, keluarkan semua karpet dan bersihkan di luar mobil. Cuci karpet menggunakan air yang mengalir lalu beri cairan pembersih khusus.

    Sikat karpet agar noda yang menempel tidak tertinggal. Selain itu, menyikat mobil juga bisa menghilangkan bau yang tertinggal dari noda maupun kotoran.

            2. Bersihkan Bagian Dashboard

    Langkah membersihkan kabin mobil berikutnya yaitu membersihkan bagian dasbor. Bagian yang satu ini terbilang penting karena tidak hanya bagian interior saja. Dasbor juga tempat menyimpan head unit, hingga fitur hiburan yang ada pada mobil.

    Untuk membersihkan bagian kabin mobil ini silahkan gunakan lap bersih dan kering. Kemudian basahi lap menggunakan air yang dicampur dengan pembersih khusus. Setelah itu bersihkan dasbor menggunakan lap tersebut.

    Bersihkan dasbor hingga ke bagian sudut-sudut yang sulit dijangkau. Gunakan juga kuas kecil yang berbulu untuk mengoptimalkan proses pembersihan.

            3. Membersihkan Jok di Bagian Kabin

    Langkah selanjutnya, silahkan Anda bersihkan jok mobil. Membersihkan jok harus disesuaikan dengan bahan pelapisnya, karena ada dua jenis pelapis jok yang saat ini kerap digunakan, yaitu kulit dan kain.

    Untuk membersihkan jok yang terbuat dari bahan kain, bersihkanlah debu dan remah-remah terlebih dahulu pada permukaannya. Setelah itu seka menggunakan lap yang sudah dibasahi dengan air hangat dan juga deterjen. Kemudian keringkan dengan lap kering.

    Untuk pelapis jok berbahan kulit, siapkan pembersih khusus untuk pelapis tersebut. Lap bagian jok kemudian gunakan juga pelembab khusus untuk kulit. Pada saat membersihkannya, pastikan semua pintu mobil selalu dalam keadaan terbuka agar cepat kering.