Berita

    Apa Itu OTR dan Harga OTR Dalam Kredit Kendaraan

    Harga OTR adalah harga kendaraan motor yang biasanya dicantumkan dalam brosur penjualan kendaraan. OTR sendiri merupakan singkatan dari On The Road. Biasanya harga OTR sudah mencakup harga surat BPKB dan STNK. Harga OTR tiap daerah masing-masing berbeda. Tapi tak masalah, karena harga tersebut sudah termasuk dalam komponen kendaraan. 

    Selain istilah on the road ada juga istilah lain, yaitu off the road. Apa sih perbedaannya? Yuk kita bahas pada penjelasan berikut. 

    Perbedaan OTR (On The Road) dan Off The Road

    1. Harga On The Road 

    On The Road atau OTR adalah harga beli kendaraan setelah harga kendaraan di total dengan semua harga dokumen yang diperlukan untuk kendaraan tersebut. Seperti dokumen BPKB dan STNK. Simplenya,OTR merupakan harga keseluruhan atau harga bersih untuk kendaraan yang akan di beli. Dengan harga OTR pembeli sudah dapat membawa pulang kendaraan beserta dokumen – dokumen penunjang. 

    Anda akan sering melihat istilah harga otr pada brosur ataupun iklan online penjualan kendaraan. Istilah OTR umumnya digunakan pada penjualan kredit kendaraan bermotor. 

    2. Harga Off The Road

    Off The Road adalah istilah yang digunakan untuk harga kendaraan yang tidak termasuk dengan dokumen penunjang, seperti BPKB dan STNK. Dengan kata lain,harga Off The Road hanya termasuk harga kendaraan mobil nya saja. Untuk dokumen penunjang, dibayar terpisah. 

    Dengan ini, para pembeli harus mengembalikan nama dari manufaktur pembelian dan mendaftarkan atas nama pribadi. Agar hak nama bisa menjadi milik pembeli. Penjualan kendaraan dengan sistem Off The Road mirip seperti penjualan biro jasa. Pembeli akan memberikan uang kepada dealer untuk membeli kendaraan, tetapi tanpa disertai surat-surat. Maka pembeli harus mendaftarkan kendaraan yang telah di beli ke Polres dan SAMSAT terdekat.

    Kelebihan & Kekurangan Harga On The Road 

    Seperti yang diketahui, harga on the road adalah harga jual kendaraan beserta surat kendaraan. Harga otr biasanya tergantung pada harga pasar daerah masing-masing. Misalnya, untuk otr kendaraan menurut pasar di DKI Jakarta. Pembeli sudah bisa membawa kendaraan sudah termasuk STNK dan BPKB.

    Sedangkan kekurangan lainnya adalah, harga pasar tiap daerah tidak sama. Jika harga pasar kendaraan di suatu daerah sudah terbilang tinggi, biasanya harga tersebut belum terrmasuk dalam harga dengan pendaftaran surat-surat kendaraan.