Berita

    Featured Image

    Simak Fungsi dari Fuel Pressure Regulator & Cara Kerjanya

    Bagi beberapa pemilik mobil, istilah fuel pressure regulator (FPR) pastilah masih awam di telinga. Padahal komponen ini sama pentingnya dengan komponen lain sebagai salah satu penggerak kendaraan roda empat tersebut.

    Di artikel ini kami akan coba menjelaskan kepada Anda apa itu fungsi FPR dan ulasan menarik lainnya terkait komponen tersebut. Jadi pastikan Anda menyimak artikel ini hingga selesai.

    Mengenal Fungsi dan Apa Itu Fuel Pressure Regulator

    FPR merupakan komponen penting yang berperan untuk mengatur tekanan bahan bakar pada kendaraan. Komponen ini biasanya ada di dalam sebuah kendaraan yang sudah mengadopsi sistem EFI atau electronic fuel injection.

    Untuk mengenalnya lebih dekat, berikut kami juga sudah merangkum beberapa fungsi dari komponen tersebut.

            1. Mendukung Kinerja Fuel Injector agar Lebih Optimal

    FPR merupakan komponen tekanan bahan bakar yang umumnya terdapat pada mobil. Fungsi utamanya yaitu untuk memastikan kinerja injektor bahan bakar. Di sisi lain, komponen tekanan bahan bakar ini juga berfungsi untuk mengalirkan bahan bakar menuju pada sistem mobil hingga fuel injector.

            2. Menjaga Bentuk Kabut Bahan Bakar

    FPR juga memiliki peran penting di dalam pipa pengiriman atau delivery pipe. Fuel pressure regulator akan menjaga tekanan bahan bakar pada pipa pengiriman sesuai kebutuhan sistem kendaraan.

    Perlu Anda ketahui, proses pembakaran pada komponen ignition chamber hanya bisa terjadi jika bahan bakar berbentuk uap semburan. Di sisi lain, bahan bakar yang tidak berbentuk uap bisa menyebabkan timbulnya permasalahan.

            3. Membantu Menjaga Kestabilan Bahan Bakar

    Fungsi selanjutnya dari fuel pressure regulator yaitu untuk membantu menjaga pasokan bahan bakar di dalam kendaraan. Komponen ini akan senantiasa menjaga bahan bakar agar tetap stabil dan mengalir sesuai kebutuhan mobil.

    FPR juga berfungsi untuk mengatur tekanan bahan bakar, lalu mengembalikan bahan bakar yang berlebihan ke tangki.

    Cara Kerja FPR

    Komponen ini bekerja dengan cara menjaga tekanan bahan bakar pada mesin menjadi tiga kondisi, yaitu:

    • Bekerja pada saat mesin dimatikan.
    • Bekerja pada saat Beban penuh.
    • Bekerja pada kondisi langsam atau idling.