Berita

    5 Tips Efektif Menghadapi Situasi Ribut di Jalan

    Saat berkendara di jalan raya, Anda harus siap menghadapi berbagai situasi. Termasuk ketika ada situasi ribut di jalan yang sulit untuk diprediksi. Penyebab keributan tersebut juga bisa sangat bervariasi dan seringkali tidak terduga. 

    Kondisi semacam ini bisa membuat Anda sebagai pengendara jadi shock. Padahal situasi seperti ini seharusnya dihadapi dengan ketenangan agar bisa cepat terselesaikan. Mari cari tahu apa saja yang harus dilakukan dalam situasi tersebut. 

    Tips Menghadapi Situasi Ribut di Jalan

    Jika suatu saat Anda menghadapi situasi keributan di tengah jalan, maka ambillah sikap yang tepat. Jangan panik dan bertindak tanpa berpikir terlebih dahulu karena ini bisa berakibat fatal. 

    Sebenarnya tidak ada manfaat yang akan didapatkan jika terbawa emosi saat di jalan. Justru ini hanya akan menghambat perjalanan Anda. Berikut ada 5 tips efektif yang bisa diterapkan untuk menghadapi situasi keributan di jalan dengan bijak:

    • Berhenti dan Menepi Terlebih Dahulu

    Hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah berhenti dan menepi terlebih dahulu. Jika ada keributan maka Anda sebaiknya menghindar dari tengah jalan apalagi saat kondisi tidak memungkinkan untuk lanjut berkendara. 

    Langkah ini juga bisa Anda lakukan jika merasa terlalu kaget atau shock. Misalnya saja saat bertemu dengan pengendara lain yang sangat arogan dan ugal-ugalan. Berhenti saja dulu untuk menghindari konflik yang lebih parah. 

    • Tenangkan Diri dan Berpikir Jernih

    Selanjutnya Anda bisa menenangkan diri dan berpikir jernih terlebih dahulu. Sebagian besar konflik atau keributan di jalan disebabkan oleh pengendara yang tidak bisa berpikir jernih dan terlalu emosi. 

    Daripada harus terlibat dalam keributan yang panjang dan memperlama perjalanan, lebih baik tenangkan diri dulu. Cobalah untuk berpikir positif agar tidak terbawa emosi karena sikap pengendara yang lain. 

    Tenangkan Diri dan Berpikir JernihFreepik.com

    Dalam situasi seperti ini Anda juga bisa memutar lagu yang berirama lembut di dalam mobil. Cara ini sangat efektif untuk menciptakan suasana tenang agar Anda tidak mudah terbawa emosi. 

    • Lakukan Negosiasi jika Perlu

    Tips berikutnya yang perlu dilakukan untuk menghindari ribut di jalan adalah negosiasi secara bijak. Jika memang perlu dilakukan negosiasi dengan pengguna jalan yang lain, maka lakukan saja. 

    Namun perlu diingat bahwa Anda harus bisa mengendalikan emosi dengan baik. Lakukan negosiasi dengan kepala dingin agar bisa didapat hasil yang menguntungkan bagi Anda dan pengendara lain. 

    • Hindari Konflik jika Memungkinkan

    Sebenarnya tidak semua kondisi di jalan membutuhkan negosiasi. Anda juga bisa menghindar dari konflik dan negosiasi tersebut jika memang memungkinkan.

    Misalnya saja saat ada pengendara yang arogan namun dia tidak berniat berhenti dan bernegosiasi dengan Anda. Dalam kondisi seperti ini Anda bisa mengabaikan pengendara tersebut dan lanjut berkendara. 

    Semua ini dilakukan agar Anda terhindar dari konflik dan perjalanan lebih lancar. Tidak perlu merasa ingin menang dan benar sendiri karena hal tersebut justru akan membuang-buang waktu Anda. 

    • Tetap Kendalikan Kecepatan Anda

    Apapun situasi keributan yang terjadi, cobalah untuk tetap mengendalikan kecepatan mobil yang Anda kemudikan. 

    Pastikan untuk tetap berkendara dengan kecepatan yang stabil agar tidak membahayakan diri sendiri dan orang lain. 

    Selain mengendalikan kecepatan, Anda juga harus tetap fokus mematuhi rambu-rambu lalu lintas yang ada. Jangan sampai Anda malah terlibat kecelakaan karena tidak fokus mematuhi aturan lalu lintas.