Berita

    4 Penyebab Lampu Mobil Redup

    Lampu mobil berfungsi untuk membantu visibilitas pengendara mobil agar bisa lebih jelas melihat jalanan, terutama di kondisi malam hari atau pagi hari yang berkabut. Untuk itu, ketika lampu mobil redup, perlu segera dicari tahu penyebab dan solusinya. Agar Anda dan penumpang terhindar dari bahaya kecelakaan. 

    Penyebab Lampu Mobil Redup

    Nah, berikut hal-hal yang bisa jadi penyebab masalah ini terjadi: 

            1. Alternator yang Gagal

    Alternator yang berfungsi tidak hanya bertanggung jawab untuk menjaga kecerahan lampu depan yang tepat, tetapi juga menyediakan daya listrik ke hampir semua komponen bagian depan seperti power steering, wiper kaca depan, radio, power window, dan instrumen dasbor lainnya yang membutuhkan listrik untuk bekerja. Alternator menerima energi dari mesin dan mengubahnya menjadi energi listrik yang dapat digunakan untuk memberi daya pada semua komponen tersebut. 

    Ketika alternator sudah tidak dapat bekerja dengan baik, secara otomatis aliran energi listrik ke komponen-komponen di bagian dashboard akan terhenti. Hal ini yang akan menjadi penyebab lampu mobil redup. 

    Untuk mengetahui jika alternator masih berfungsi dengan baik atau tidak, Anda bisa mengeceknya ketika menyalakan mobil. Perhatikan lampu bagian depan ketika pertama kali kunci kontak diputar. Saat itu, jika lampu langsung redup sewaktu berpindah daya ke alternator, menandakan jika sudah saatnya untuk memeriksa bagian alternator. 

            2. Bohlam Terbakar

    Lampu depan yang mulai redup bisa saja terjadi karena usia bohlam sudah mencapai batasnya atau bohlam terbakar. Maka, solusi paling mudahnya adalah mengganti bohlamnya dengan yang baru, seperti Anda mengganti lampu di rumah. 

    Bohlam lampu yang di depan mungkin perlu diganti lebih sering apabila Anda sering membiarkan lampu depan menyala pada siang hari atau jika Anda sering mengemudi di malam hari. 

    Misalnya, bohlam Anda mungkin lebih sering padam jika Anda mengemudi untuk ojek online atau sering melakukan pekerjaan pengiriman di malam hari. Kendaraan tua yang tidak pernah memiliki penggantian bohlam juga merupakan bom waktu untuk lampu mobil redup.

            3. Kabel Mulai Mengalami Korosi

    Salah satu komponen penghubung lampu adalah kabel. Maka, ketika lampu depan mulai redup, Anda perlu memeriksa bagian kabel juga. Bisa jadi, kabel sudah mulai mengalami korosi atau ada yang putus.