Berita

    Kenali Penyebab Kopling Slip yang Membuat Mobil Tidak Bisa Jalan

    Kopling mobil adalah komponen penting. Benda ini memfasilitasi pergantian gigi yang mulus, berhenti, dan mulai saat mengendarai mobil. Bisa sangat berbahaya bagi Anda dan pengemudi lain di sekitar Anda jika kopling slip.

    Jika tidak ada tahanan mesin saat melepaskan atau menekan pedal kopling, kopling Anda mungkin perlu diganti sebelum masalah bertambah parah.

    Sangat penting untuk menyadari setiap tanda lampu kopling slip karena ada banyak sekali faktor dan gejalanya. Dalam artikel ini, kami akan menunjukkan kepada Anda cara mengenali kapan kopling mobil Anda slip dan cara memperbaiki masalah sebelum memburuk.

    Apa yang Dimaksud Kopling Slip?

    Dalam kendaraan dengan gearbox manual, kopling yang mengalami slip mencegah satu atau lebih roda gigi terlibat saat pedal gas ditekan. Hal ini terlihat cukup berbahaya bagi Anda dan orang lain di sekitar Anda, jadi sangat penting untuk segera memperbaikinya.

    Bagaimana Cara Memperbaiki Lampu Kopling yang Slip?

    Menemukan mekanik yang memenuhi syarat serta professional adalah tindakan terbaik untuk memperbaiki kopling yang slip. Namun, jika Anda ingin petunjuk tentang cara menanganinya sendiri, teruslah membaca.

    • Periksa level cairan 
    • Oli pelat kopling dan pegas
    • Lumasi pelat penekan, roda gila, dan bantalan pelepas
    • Menyesuaikan pedal kopling
    • Ganti bagian yang rusak yang dapat menyebabkan selip atau keausan berlebihan pada komponen lain 
    • Pastikan untuk menggunakan jenis yang benar oli transmisi untuk merek/model/tahun kendaraan Anda saat mengisi ulang cairan untuk kinerja yang optimal (misalnya, kendaraan GM memerlukan Dexron III).

    Masalah Umum Kopling yang Slip dan Penyebabnya

            1. Throwout Bearing

    Setiap kali Anda mengganti persneling, mesin terlepas oleh throwout bearing di kopling Anda. Bantalan pembuangan mengaktifkan mesin sekali lagi setelah Anda memasukkan gigi mobil dan melepaskan kopling. Ini adalah ciri-ciri engine break yang Anda alami setiap kali Anda menggeser. Kopling akan meluncur dan Anda tidak akan dapat mengganti persneling jika bantalannya aus.

            2. Roda Serep

    Saat Anda mengemudikan kendaraan, truk, atau SUV, roda gila melakukan berbagai tugas dan selalu bergerak. Karena fakta bahwa itu tidak akan berhenti sampai Anda mematikan mesin Anda, itu pasti akan berubah seiring waktu. Panas dan gesekan menyebabkan roda serep berubah bentuk, dan inilah yang menjadi  penyebab lampu kopling slip. Roda serep harus segera diganti. Mesin Anda mungkin rusak jika tidak berfungsi.