Berita

    Simak Penyebab Radiator Bocor yang Memberikan Dampak Mengerikan

    Radiator bocor menjadi salah satu masalah yang harus dihindari, karena radiator menjadi salah satu bagian penting yang ada di dalam ruang mesin mobil Anda. Dalam kondisi tertentu, komponen yang menjaga suhu ideal mesin ini bisa mengalami kebocoran. Mari cari tahu apa saja faktor pemicunya dan seperti apa cara untuk mengatasinya. 

    Penyebab Radiator Bocor

    Ada beberapa kondisi yang memicu terjadinya kebocoran pada radiator mobil Anda. Faktor-faktor penyebab ini sebaiknya dipahami dengan baik sehingga bisa Anda hindari di kemudian hari. Berikut adalah beberapa faktor penyebab radiator bocor:

            1. Usia Pakai yang Sudah Terlalu Panjang

    Penyebab pertama adalah faktor usia. Jika radiator sudah terlalu lama dipakai, maka risiko kebocoran akan jauh lebih besar. Itulah mengapa penting untuk mengetahui daya pakai atau usia penggunaan radiator agar tahu kapan waktu yang tepat menggantinya.

    Biasanya, radiator memiliki usia pakai yang cukup panjang, bisa sampai 10 tahun. Namun ada juga beberapa jenis radiator yang hanya memiliki masa pakai 5 tahun. Jika memang radiator mengalami kebocoran karena faktor usia, maka segera ganti dengan yang baru. 

    Sangat disarankan untuk selalu melakukan pemeriksaan berkala. Jadi bisa diketahui lebih dini apakah radiator memang sudah waktunya ganti atau belum. Ini akan sangat membantu Anda agar bisa berkendara dengan nyaman dan aman. 

            2. Tertabrak Benda Asing

    Radiator diletakkan di bagian depan mesin. Kisi-kisi atau grill radiator juga berada dalam posisi terbuka. Posisi seperti ini dianggap sangat efektif mendukung kerja radiator untuk menangkap udara segar sehingga suhu dalam mesin bisa terjaga dengan baik. 

    Namun, posisi ini juga memicu risiko benturan benda asing yang lebih tinggi. Radiator seringkali tertabrak oleh benda asing seperti kerikil maupun hewan-hewan kecil seperti serangga. Jika radiator tertabrak benda-benda seperti ini maka bisa saja kisi-kisi maupun dinding radiator jadi rusak. 

    Kerusakan akibat benturan benda asing pada radiator bisa menyebabkan kebocoran. Oleh sebab itu, pastikan untuk melakukan pemeriksaan secara berkala. Jika memang terjadi kebocoran karena benda asing maka segera lakukan penggantian. 

            3. Sumbatan pada Saluran Radiator

    Kondisi radiator bocor juga bisa terjadi akibat adanya sumbatan. Jika Anda menggunakan air biasa untuk mengisi radiator dan tidak mengecek kondisi airnya secara berkala, maka bisa saja akan muncul kotoran mengendap. Endapan kotoran ini kemudian bisa menghalangi distribusi air radiator.