Berita

    Ini Dia Tips Menghilangkan Ngantuk Saat Mengemudi

    Pernah merasakan ngantuk yang tak tertahankan ketika mengemudi mobil? Ini bisa menjadi sangat berbahaya karena bisa menyebabkan kecelakaan. Apa saja penyebab ngantuk saat mengemudi dan bagaimana cara untuk menghilangkan mengantuk saat mengemudi? Simak semua penjelasan lengkapnya berikut ini.

    Penyebab Mengantuk Saat Mengemudi

    Sebenarnya mengantuk adalah proses alami dari tubuh dimana orang tersebut membutuhkan waktu lebih banyak untuk istirahat. Ada banyak penyebab mengapa bisa mengantuk secara terus menerus, mungkin bisa karena tidak bisa tidur nyenyak karena siang sudah tidur siang, tidur larut malam, dan tidak bisa tidur di malam hari. Terkadang tidak hanya faktor tadi, namun bisa juga dipengaruhi oleh keadaan mental seseorang.

    Berikut ini akan dijelaskan dengan lengkap beberapa penyebab dari rasa mengantuk saat mengemudi.

            1. Insomnia

    Ini merupakan hal yang terjadi pada hampir setiap orang yang mengaku mengalami rasa kantuk karena kesusahan tidur. Bila insomnia mulai dirasa makin parah, Anda harus segera konsultasi ke dokter.

            2. Depresi

    Seperti telah disebutkan sebelumnya, tidak hanya faktor fisik yang memiliki pengaruh kuat terhadap rasa kantuk terutama dalam hal mengemudi. Faktor psikis seperti depresi juga mempengaruhi kualitas tidur yang dapat berakibat pada kantuk.

            3. Hipotiroid

    Jangan remehkan gangguan hormon tiroid ini. Ketika hal ini terjadi, Anda akan merasa lemas, kulit kering, mudah kedinginan, rambut rontok, serta berat badan meningkat.

            4. Sleep Apnea

    Walaupun tidak ada masalah dengan pola dan kualitas tidur, terkadang orang masih bisa merasa terus mengantuk. Ini disebabkan oleh kebiasaan merokok yang membuat otak kekurangan pasokan oksigen sehingga mudah mengantuk.

            5. Tanda Diabetes

    Waspada! Ketika Anda sering mengantuk bisa jadi ini adalah tanda dari diabetes.Konsultasikan dengan dokter Anda, jika tanda-tanda ini terasa semakin memburuk bahkan sangat mengganggu aktivitas harian Anda. 

    Tips Mengatasi Mengantuk Saat Mengemudi

    Ketika Anda melewati jalan tol yang lurus, pasti akan cenderung merasa ngantuk. Kondisi yang sama juga bisa terjadi saat Anda terjebak di tengah kemacetan. Ketika Anda bosan, maka secara otomatis Anda juga akan merasa ngantuk. Tentu saja ini akan sangat berbahaya ketika Anda mengendarai kendaraan. Bagaimana cara mengatasi ngantuk saat mengemudi? Intip caranya berikut.