Berita

    Ketahui Ciri-ciri Kompresor AC Mobil Bermasalah

    Pernah membayangkan, terjebak macet di jalan saat siang hari, tetapi AC tidak menyala? Bila hal ini terjadi, pasti akan sangat tidak nyaman. Meskipun menjadi hal yang penting, sayangnya tidak sedikit pemilik kendaraan yang sering melupakan perawatan komponen pendingin ini, salah satunya bagian kompresor. Saat kompresor AC bermasalah, AC tidak dapat digunakan secara maksimal. 

    Pada dasarnya, kompresor AC adalah komponen yang memiliki tugas menyalurkan uap refrigerant dengan tekanan tinggi dan mensirkulasikannya secara bersamaan dengan udara. Tujuannya tentu untuk menghasilkan udara sejuk di dalam mobil. 

    Ciri-ciri Kompresor AC Bermasalah

    Ketika kompresor AC mengalami masalah, biasanya terdapat ciri yang mengiringinya, seperti:

            1. Muncul Bunyi Kasar

    Salah satu gejala kompresor yang mengalami masalah adalah munculnya bunyi kasar atau yang sering disebut dengan “ngorok”, ketika AC dihidupkan pertama kali. Bunyi kasar ini menjadi tanda jika komponen internal kompresor sudah aus atau rusak. 

    Suara kasar ini biasanya disebabkan karena piston atau bearing yang aus, sehingga oli kompresor berkurang. Bila Anda mendengar suara kasar ketika dihidupkan, lebih baik segera periksa kondisi AC di bengkel resmi. 

            2. Suhu AC Kesejukannya Berkurang

    Berkurangnya kesejukan AC biasa disebut dengan “kehilangan kompresi”, hal ini disebabkan karena kerja kompresor sudah melemah. Ketika pertama kali dinyalakan, suhu AC mungkin terasa normal, tetapi perlahan-lahan kesejukannya mulai berkurang. 

    Bila dibiarkan begitu saja, tekanan kompresor akan hilang sama sekali, dan akhirnya AC menjadi tidak terasa dingin. Bahkan, AC tidak terasa dingin ketika pertama kali dinyalakan. 

            3. Bocornya Freon

    Kebocoran pada Freon juga dapat menjadi gejala kompresor mulai lemah dan bermasalah. Gejala tersebut menandakan uap Freon yang tidak tersalurkan secara optimal oleh kompresor. 

    Bila terus menerus dibiarkan, Freon akan habis, bahkan hanya dalam hitungan bulan. Selain membuat lebih boros, kebocoran freon ini juga berbahaya, bila terlalu lama dihisap pengemudi, dapat menyebabkan iritasi di tenggorokan dan mata. 

    Bahkan, dapat membuat tekanan darah menjadi tinggi dan mengganggu kinerja jantung. 

            4. Suhu AC Menjadi Tidak Menentu

    Apakah Anda pernah merasakan suhu AC yang terkadang panas atau dingin? Bila hal ini terjadi, ini menjadi salah satu ciri kompresor AC bermasalah. Biasanya, komponen clutch AC sudah melemah.