Berita

    Ketahui Jenis Antena Pada Mobil & Perawatannya

    Antena mobil menjadi salah satu kebutuhan hiburan bagi pemilik kendaraan. Meski bukan komponen premier, namun kehadiran antena sangat membantu pemilik saat bosan berkendara.

    Ada beberapa jenis antena pada mobil. Perawatannya pun harus maksimal, agar mendapatkan sinyal yang baik. Simak penjelasan berikut ini ya. 

    Ini Dia 6 Jenis Antena Mobil 

    Jenis antena pada mobil terbagi sesuai bentuknya. Yaitu:

    • Antena Besi

    Jenis yang satu ini umum dimiliki oleh mobil. Seperti namanya, antena terbuat dari besi. Ukurannya kecil dan bisa diatur panjang dan pendeknya. 

    Tampilan ini bisa dibilang agak jadul (jaman dulu). Maka dari itu, sedikit merepotkan karena untuk mendapatkan sinyal terbaik, besi harus dipanjangkan. Padahal jika dipakai berkendara, antena bisa saja tersangkut. 

    • Antena Fixed

    Berikutnya adalah antena fixed atau tetap. Berkebalikan dengan antena besi, jenis yang satu ini tidak bisa diatur panjang dan pendeknya. Letaknya di bagian belakang mobil, dekat dengan bagasi mobil.

    • Motorized Antenna

    Berbeda dari dua antena sebelumnya, jenis ini selangkah lebih canggih. Panjang pendek antena bisa diatur. Namun pengaturannya otomatis. 

    Bagaimana cara kerjanya? Antena akan memanjang apabila mobil dalam keadaan hidup. Sementara jika mobil mati, antena juga otomatis memendek dan mati.

    Motorized antenna juga ada yang menggunakan tombol. Tergantung fitur dari masing-masing mobil.

    • Antena Shark Fin

    Keempat ada jenis antena shark fin. Seperti namanya, shark fin berarti sirip ikan hiu. Maksudnya adalah bentuk antena ini seperti sirip hiu. 

    Bentuknya yang cukup unik, membuat antena banyak diminati oleh pemilik mobil. Ditambah lagi fiturnya yang unggul. Sebab kemampuan dalam menangkap sinyal jauh lebih baik dari jenis-jenis sebelumnya.

    Antena terletak pada atap mobil bagian belakang. Biasanya, pemilik akan mengganti antena mobilnya dengan jenis ini. Namun harus hati-hati. Sebab saat ini beredar antena shark fin dengan kualitas buruk.

    • Digital Antenna

    Antena ini memiliki bentuk kotak dengan ukuran kecil. Bahan dasar antena yaitu plastik. Seperti namanya, antena ini menggunakan teknologi digital.