Berita

    Kenali Jenis-Jenis Sparepart Mobil

    Sparepart mobil adalah komponen-komponen yang memiliki fungsi masing-masing dan saling bersinergi untuk mendukung performa mobil. Lebih umumnya, dalam penyebutan bahasa lokal, komponen-komponen ini disebut sebagai onderdil atau suku cadang. 

    Karena saling bersinergi, pastinya antara sparepart satu dengan lainnya saling terhubung. Semakin unggul kualitas spare part, maka semakin baik pula ketahanan dan keawetan mobil. Jika Anda menginginkan hal tersebut, sebaiknya ketahui jenis-jenis sparepart di artikel ini!

    Spare Part Mobil: Mengenal Jenis-Jenisnya

    Mengurutkan menurut jenis-jenisnya, sparepart pada mobil terbagi atas 3 golongan, yaitu orisinil, aftermarket atau non pabrikan, dan KW atau tiruan dengan tingkatan kualitas tertentu. Mari mengenal lebih lanjut masing-masing golongan tersebut di poin-poin berikut:

    • Spare Part Orisinil

    Jenis satu ini bisa dijuluki juga sebagai OEM atau Original Equipment Manufacturer, dimana artinya yaitu suku cadang produksi asli pabrikan. Sudah pasti pabrik tidak cuma memproduksi mobil, namun juga beragam suku cadang.

    Nah, produksi suku cadang pabrikan ini tentunya untuk memenuhi kebutuhan pelanggan supaya bisa melakukan perawatan atau penggantian komponen tertentu. Tentu saja, suku cadang orisinil mempunyai kualitas yang tidak perlu diragukan. 

    Mengapa kualitas tidak perlu diragukan? Sebab, pabrik melakukan produksi dengan memperhatikan standar yang telah ditetapkan sesuai mobil produksi mereka. Adapun, kelebihan sparepart mobil jenis orisinil, yakni sebagai berikut:

    • Aman

    Suku cadang orisinil memanfaatkan material bermutu tinggi serta melalui tahapan pengujian. Dengan begitu komponen-komponen tersebut benar-benar aman ketika dipasang dan digunakan, tentunya meminimalisir kecelakaan.

    • Mutu Terjamin

    Produksi jenis sparepart mobil orisinil telah lulus dari serangkaian tes sebelum didistribusikan ke pasaran, Tentu saja, tes-tes tersebut telah memiliki standar nasional dan internasional. 

    • Terpercaya

    Keaslian dan kualitas suku cadang mobil orisinil tentu saja bisa dipercaya. Karena adanya pengujian mutu bertaraf internasional sudah mereka lampaui dan produk-produk suku cadang pun telah digunakan di banyak negara. 

    • Awet