Berita

    Simak Tips Merawat Rem Mobil Agar Tetap Pakem

    Rem mobil merupakan komponen penting untuk mempertahankan keselamatan. Komponen ini bisa diandalkan untuk mengurangi kecepatan dan menghentikan mobil di saat-saat genting agar tidak terjadi kecelakaan.

    Agar kinerjanya optimal, perawatan secara rutin wajib dilakukan. Nah, artikel ini akan membahas tentang sejumlah tips merawat rem tersebut. Maka dari itu jangan lewatkan informasi berikut!

    Tips Melakukan Perawatan Rem Mobil

    Merawat rem sangatlah mudah dilakukan. Di bawah ini merupakan sejumlah tips yang dapat Anda praktekkan untuk merawat komponen rem:

    • Menghindari Pengereman Kasar

    Hal dasar yang bisa dilakukan untuk merawat rem adalah dengan membiasakan untuk tidak mengerem secara kasar. Sebab, cara pengereman seseorang sangatlah mampu mempengaruhi performa dan kondisi rem.

    Agar terbiasa mengerem secara halus, Anda tidak memerlukan alat apapun. Cukup mengubah kebiasaan dan menahan diri supaya tidak kasar dan mendadak saat mengerem. Selain itu, Anda pun dapat menjaga jarak dengan kendaraan lain di jalan. 

    • Mengecek Kampas Rem

    Kampas adalah salah satu bagian krusial dalam sistem pengereman. Untuk bentukannya, kampas mirip bantalan yang tertempel pada piringan besi. Tentang fungsinya, ia berguna sebagai peredam putaran cakram dan perlambat laju mobil.

    Anda dapat mengecek komponen rem mobil ini secara rutin. Sebab, apabila kampas telah menipis maupun habis, hal tersebut bisa menyebabkan gesekan antara lempengan besi kampas dan cakram. Dengan begitu, rem bisa menjadi rusak dan blong.

    • Memeriksa Kondisi dan Pergantian Rutin Minyak Rem

    Anda dapat memastikan pemeriksaan keadaan cairan minyak rem seminggu sekali. Dalam setiap 40 ribu km, Anda dapat menggantinya menggunakan minyak rem yang direkomendasikan oleh mekanik.

    • Mengecek Kondisi Booster Rem

    Masalah yang terjadi pada booster bisa menyebabkan kebocoran pada komponen rem. Tanda masalah satu ini yaitu ditandai dengan penal rem yang susah diinjak. Mengetahui hal ini, Anda harus melakukan pengecekan kondisi booster secara rutin.

    • Memastikan Brake Shoe