Berita

    Ketahui Cara Mengisi Freon AC Pada Mobil Yang Benar

    AC mobil merupakan komponen penting yang harus diperhatikan kondisi dan perawatannya. Karena pentingnya AC mobil, maka Anda perlu ketahui bagaimana cara mengisi freon AC mobil, apalagi jika Anda berniat untuk mengisinya secara mandiri.

    AC mobil berfungsi untuk menjaga suhu mobil agar tetap stabil dan nyaman. Mengingat ruangan kabin mobil tertutup rapat saat digunakan, sirkulasi udara dan kelembabannya harus bisa dikendalikan sesuai dengan kenyamanan Anda.

    Langkah-Langkah Mengisi Freon AC Mobil yang Benar

    Apabila Anda ingin mengisi freon AC mobil secara mandiri di rumah, ketahui terlebih dahulu apa saja peralatan yang harus disiapkan, lalu pelajari pula langkah-langkahnya. Simak informasi berikut ini!

    • Kosongkan Freon AC Mobil Lama

    Sebelum melakukan isi ulang freon, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengosongkan freon AC yang lama agar freon tidak bercampur dengan yang baru. 

    Pencampuran freon yang baru dan lama di dalam AC akan mempengaruhi performa AC mobil. Saat Anda mengosongkan freon lama, gunakan bantuan manifold gauge atau manometer gauge yang bisa disambungkan ke selang.

    • Bersihkan AC dan Sisa Freon AC

    Apabila freon AC lama sudah dibersihkan, Anda perlu membersihkan ulang sekali lagi untuk memastikan tidak ada residu freon lama yang menempel di dalamnya. Dan untuk membersihkan residu freon AC yang lama, anda bisa gunakan alat vakum.

    Saat menggunakannya, keran pada tekanan rendah dan tekanan tinggi sudah harus dibuka terlebih dahulu. Hal ini dilakukan agar uap dan udara bisa keluar dari AC mobil.

    • Beri Pelumas pada Sistem AC

    Setelah itu, beri pelumas pada sistem AC mobil. Tujuannya agar terhindar dari kerusakan komponen saat Anda menggunakan manifold gauge. Masukan selang ke dalam wadah yang berisi pelumas khusus untuk freon sebanyak 5 sampai 10 cc.

    Pelumas ini nantinya akan tersedot ke dalam selang saat Anda membuka sedikit katup keran tekanan rendah. Tutup kembali katup jika semua cairan pelumas sudah masuk. Setelah itu, tekan knop yang ada di bagian tengah manifold gauge.

    • Isi Freon Baru Berdasarkan Tekanan

    Langkah selanjutnya adalah mengisi freon AC mobil baru. Saat mengisinya, pastikan kondisi AC mobil berada dalam keadaan mati. 

    • Mengisi freon pada AC mobil tekanan rendah
    1. Nyalakan mesin mobil pada putaran 2000-3000 rpm dan hidupnya AC mobil di suhu maksimal.
    2. Isi freon pada saluran hisap (S/L) yang ada di kompresor AC.
    3. Pasang gauge, bukan keran tabung freon dan tutup rapat keran tekanan tinggi.
    4. Pastikan tabung terbalik agar freon cair masuk.
    5. Perhatikan besar tekanan freon. Pastikan tekanan rendahnya berada di manifold gauge berada di kisaran 1,5-2 bar, dan tekanan tinggi berada di 14,5-15 bar. Angka ini menunjukkan bahwa kompresor AC sudah terisi penuh.
    6. Gunakan AC Leak Detector untuk mengecek kebocoran freon.
    • Cara mengisi freon pada AC mobil tekanan tinggi
    1. Naikkan tekanan freon dengan cara memanaskan freon dalam charging station.
    2. Pastikan mesin mobil dan AC dalam keadaan mati.
    3. Pastikan manifold gauge terpasang dengan keran tekanan rendah tertutup dan keran tekanan tinggi terbuka.
    4. Tunggu beberapa saat sampai proses pengisian freon selesai.