Berita

    Ketahui Cara Mudah Merawat Kamera Sensor Parkir Pada Mobil

    Dewasa ini, sensor dan kamera parkir merupakan sebuah fitur yang dirasa sangat penting. Pasalnya kamera sensor parkir memiliki peran yang besar untuk keselamatan pengemudi maupun penumpang saat memarkir mobil.

    Saat ini hampir semua mobil terbaru telah menggunakan sensor tersebut. Agar fungsinya tetap bekerja secara optimal, jangan lupa juga untuk selalu merawatnya. Pasalnya komponen ini tergolong penting dan sangat membantu saat proses parkir.

    Cara Merawat Kamera Sensor Parkir Pada Mobil

    Sensor yang satu ini wajib diperhatikan dan dirawat. Karena jika terjadi kerusakan, maka fungsinya tidak bisa dimanfaatkan untuk membantu Anda saat memarkir kendaraan.

    Pada dasarnya tidak sulit merawatnya. Berikut sudah kami rangkum beberapa cara untuk merawat sensor tersebut.

            1. Bersihkan Komponen dari Kotoran

    Kotoran menjadi salah satu penyebab rusaknya beberapa komponen pada mobil, salah satunya seperti sensor parkir. Maka dari itu, sangat penting bagi Anda untuk menjaganya dari kotoran yang kerap menempel pada komponen tersebut.

    Bersihkanlah secara rutin. Pastikan tidak ada debu maupun kotoran yang terdapat pada kamera maupun sensornya. Terlebih bagian sensornya merupakan komponen yang sensitif sehingga harus dibersihkan secara rutin.

    Debu atau kotoran yang menumpuk akan mengganggu fungsi dari sensor tersebut dan bahkan bisa membuatnya tidak berfungsi sama sekali.

            2. Mengetahui Cara Membersihkan yang Baik dan Benar

    Sebelum membersihkan komponen tersebut, pastikan juga Anda mengetahui bagaimana cara membersihkannya yang baik dan benar. Tujuannya agar proses pembersihan yang Anda lakukan bisa dilakukan secara optimal.

    Pada saat mobil atau bagian kamera sensor parkir dibersihkan dengan air, tekanan air harus diperhatikan. Hal ini penting untuk Anda ketahui baik saat membersihkannya sendiri maupun melalui cuci steam.

    Air bertekanan tinggi bisa memicu terjadinya arus pendek. Hal ini bisa menyebabkan alat tersebut terganggu sehingga fungsinya menjadi tidak lagi optimal. Jadi pastikan Anda berhati-hati saat membersihkan mobil dan atur tekanan air agar tidak terlalu tinggi.

    Jika Anda memilih menggunakan layanan cuci steam, sebaiknya pilihlah yang sudah terpercaya. Carilah tempat yang tepat dan paham terkait cara membersihkan mobil yang baik dan benar, khususnya pada saat membersihkan area kamera sensor pada mobil.

            3. Selalu Mengecek Kelistrikan Pada Mobil