Berita

    Ketahui Penyebab Rem Mobil Bunyi Saat Diinjak

    Rem mobil bunyi saat diinjak dapat memunculkan kekhawatiran bagi pengendara. Selain itu, tentu saja dapat memunculkan ketidaknyamanan dalam berkendara. Apakah Anda pernah mengalaminya dan tidak mengetahui apa yang sebenarnya terjadi? 

    Bekal pengetahuan tentang otomotif sebaiknya dimiliki oleh pemilik mobil. Agar mudah untuk mengidentifikasi kemungkinan kerusakan, sehingga dapat meminimalisir pembengkakan biaya untuk perawatan.

    Penyebab Rem Mobil Bunyi Saat Diinjak

    Rem mobil adalah salah satu komponen yang vital dalam pengoperasian mobil Anda. Apabila Anda tidak awas ketika ada kerusakan, bisa jadi berpotensi pada kecelakaan. 

    Ketika Anda mendengarkan atau merasakan bunyi begitu menginjak rem, maka pertanda bahwa ada sesuatu yang tidak beres. Sehingga Anda sebaiknya tidak mengabaikan tanda-tanda tersebut. Kenali penyebab rem yang bunyi ketika diinjak.

    • Kampas Rem yang Aus

    Salah satu penyebab muncul bunyi ketika rem diinjak adalah kampas rem yang aus. Kampas rem merupakan bantalan yang fungsinya meredam bahkan menghentikan perputaran cakram atau disc brake. Sehingga kemudian kendaraan dapat terhenti dengan sempurna. 

    Kampas rem yang sering terpakai seiring berjalannya waktu juga akan mengalami aus karena menipis. Menipisnya kampas rem membuat cakram bergesekan langsung dengan besi kampas. Alhasil, menimbulkan suara semacam decitan ketika rem mobil diinjak. 

    • Cakram Rem yang Kotor

    Adanya tumpukan kotoran berupa tanah atau debu pada cakram rem bisa membuat rem berdecit begitu diinjak. Untuk itu, penting sekali memastikan bahwa komponen cakram pada sistem pengereman dalam kondisi yang bersih. Sehingga cakram rem juga dapat beroperasi sebagaimana mestinya.

    • Kurangnya Pelumas di Pedal Rem

    Penyebab rem mobil bunyi saat diinjak berikutnya adalah kemungkinan pedal rem yang kering atau kekurangan pelumas. Akibatnya malah menimbulkan bunyi decitan ketika Anda menginjak rem mobil. 

    Cara untuk mengatasinya, Anda bisa memberikan pelumas pada pedal rem. Sebaiknya untuk penanganan ini melalui bengkel terdekat karena harus membongkar komponennya.

    • Rem Tromol yang Kotor

    Terdapat beberapa mobil yang masih menggunakan rem tromol untuk sistem pengereman. Letak rem yang satu ini ada pada roda belakang kendaraan Anda. Seperti halnya dengan rem cakram, untuk rem tromol juga bisa mengalami kendala.