Berita

    Mengenal Material Body Mobil dan Jenisnya

    Body mobil merupakan salah satu aspek paling penting untuk menjamin sebuah kualitas kendaraan. Untuk memiliki kendaraan dengan performa yang sempurna, tentu material body mobil juga harus berkualitas tinggi.

    Maka dari itu penting untuk mengetahui apa saja material yang sering digunakan pada boy mobil. Jadi, ikuti informasi selengkapnya berikut!

    6 Material Body Mobil dan Jenisnya

    Dalam pembuatan body mobil, setidaknya ada 4 material utama yang banyak digunakan pada kendaraan. Begitu pun material tambahan berikut daftarnya!

    • Baja

    Baja merupakan salah satu material utama yang banyak digunakan dalam industri otomotif karena memiliki kekuatan yang luar biasa untuk body mobil. Mengingat material ini sudah digunakan pada mobil bertenaga bensin pertama sejak tahun 1879.

    Hal ini dikarenakan baja merupakan logam yang memiliki kekuatan maksimal sehingga dapat memberikan perlindungan saat terkena benturan. Selain itu, bahan ini juga relatif terjangkau sehingga memiliki nilai produksi yang cukup ekonomis.

    • Aluminium

    Bahan aluminum cukup populer untuk produksi kendaraan dalam beberapa dekade terakhir ini. Material ini dikenal karena memiliki sifat yang ringan dan tahan terhadap karat di cuaca ekstrem.

    Hanya saja, biaya produksi aluminium terbilang cukup tinggi dibandingkan baja, sehingga membuat material body ini cenderung lebih mahal. Namun dibandingkan baja, penggunaan aluminium lebih irit konsumsi bahan bakar.

    • Serat Karbon

    Selain baja dan aluminium, material yang sering ditemukan pada bagian body mobil adalah serat karbon. Jenis ini merupakan material premium yang banyak digunakan pada mobil sport kelas atas.

    Freepik.com

    Hal ini dikarenakan keunggulannya yang menawarkan kombinasi kekuatan serta berat yang ringan dan tidak tertandingi sehingga memberikan performa mobil sport lebih unggul. 

    Karena digunakan untuk mobil kelas atas, tentu bahan ini sangat mahal dan mampu meningkatkan efisiensi terhadap penggunaan bahan bakar.

    • Plastik

    Saat ini, sekitar 50% mobil memiliki body yang terbuat dari material plastik. Biasanya, bahan ini sering digunakan untuk produksi bagian interior mobil seperti dasbor atau pegangan pintu.

    Harganya yang relatif terjangkau dan mudah diproduksi sehingga banyak produsen menawarkan penggunaan body mobil yang ramah lingkungan. 

    Hanya saja, penggunaan bahan plastik rentan terhadap kerusakan akibat perubahan suhu ataupun paparan sinar UV.

    • Fiberglass

    Selain 4 material utama yang disebutkan sebelumnya, terdapat material tambahan yaitu fiberglass. Bahan ini terbuat dari serat kaca dan diperkuat dengan resin plastik sehingga ringan dan fleksibel. 

    Material body mobil ini banyak digunakan dalam industri otomotif khususnya untuk body kit mobil. Karena memiliki sifat ringan dan fleksibel, ini bisa menciptakan desain mobil yang unik.

    Biaya produksinya pun relatif terjangkau dibandingkan jenis material lainnya seperti karbon. Tentunya, perlu perawatan khusus secara berkala agar fungsi dan daya tahan komponen ini tetap bekerja dengan optimal.

    • Karbon

    Karbon juga merupakan material tambahan yang banyak digunakan dalam pembuatan body kit mobil. Bahan ini memiliki beberapa keunggulan yang tidak dimiliki dari bahan lain terutama dari segi kekuatannya.

    Perlu diketahui, karbon memiliki daya tahan yang sangat kuat terhadap benturan sehingga mobil tidak mudah penyok. Meski bahannya kuat, bobot karbon ini terbilang ringan sehingga tidak akan mempengaruhi bobot kendaraan.

     

    Itu dia 6 material body mobil yang perlu Anda ketahui untuk memastikan kualitas dari kendaraan yang dimiliki. Sebelum membeli mobil impian, pastikan Anda sudah mengetahui apa saja material yang digunakan karena akan mempengaruhi kualitas kendaraan Anda.