Berita

    Ketahui Waktu Ideal Ganti Oli Pada Mobil

    Mobil wajib ganti oli supaya tetap nyaman saat berkendara. Namun, sudahkah Anda tahu kapan waktu ideal ganti oli mobil?

    Masa ganti oli ini sebenarnya berbeda pada setiap mobilnya. Namun kamu bisa mengetahuinya dengan membaca manual book yang dimiliki oleh masing-masing mobil. Apabila tidak ada, barulah kamu bisa mengikuti patokan berikut ini.

    Kapan Waktu Ideal Ganti Oli Mobil? Ini Jawabannya…

    Waktu paling ideal untuk mengganti oli mobil adalah setiap pemakaian 10.000 kilometer. Apabila memakai hitungan bulan, maka rentang waktunya setiap 6 bulan sekali.

    Namun, hal ini bisa saja berbeda setiap mobil. Tergantung cara pemakaian dan juga jenis oli yang digunakan. 

    Cara pemakaian misalnya, Anda aktif berkendara dengan mobil setiap hari. Kemudian mengalami macet selama berjam-jam. Maka ideal ganti oli mobil setiap 8.000 kilometer.

    Hal ini juga berlaku jika Anda harus melewati medan yang berat setiap hari. Seperti jalanan terjal di area pegunungan, atau bahkan jalan rusak parah yang membuat kinerja mesin lebih berat. 

    Tapi, Anda juga bisa melakukan penggantian oli setiap tiga bulan sekali. Ini berlaku jika mobil Anda sudah tua, alias pemakaiannya di atas 10 tahun. Apalagi jika penggunaannya pada cuaca ekstrim, dan juga jadi kendaraan sehari-hari.

    Ciri-ciri Oli Mobil Harus Diganti

    Ada lagi waktu ideal ganti oli mobil selain keterangan di atas. Caranya dengan melihat ciri-ciri oli pada mobil berikut ini:

            1. Perubahan Warna Pada Oli

    Oli akan berubah warna apabila telah lama digunakan dan melalui serangkaian proses. Nah, kamu bisa melakukan penggantian oli apabila warnanya sudah berubah jadi hitam pekat.

    Selain itu, idealnya oli bertekstur kental. Namun jika telah digunakan, maka akan menjadi lebih encer. Perubahan warna menjadi hitam sekaligus encer, bisa jadi patokan Anda untuk segera mengganti oli.

            2. Mesin Mulai Berat

    Tanda-tanda berikutnya adalah ketika mesin mobil sudah mulai berat. Dalam artian tarikannya sudah tidak nyaman, kemudian memiliki suara yang kasar. Getaran pun juga terasa kasar jika digunakan.

    Kalau mulai merasakan tanda itu, bisa jadi oli sudah waktu diganti. Coba cek kilometer mobil dan ingat-ingat pemakaian Anda untuk memastikan lebih lanjut.

            3. Dengan Tongkat Ukur