Berita

    Jangan Lalai, Perhatikan Hal Ini saat Cek Wiper Mobil !

    Salah satu fitur yang tidak boleh diabaikan begitu saja terutama ketika musim hujan tiba adalah fitur penyapu kaca pada kendaraan. Untuk itu, Anda harus cek wiper mobil sebelum bepergian. 

    Ini merupakan komponen penting yang berfungsi untuk menyapu air hujan yang jatuh pada kaca mobil bagian depan dan belakang. Apabila rusak, tentunya kenyamanan dan keamanan saat berkendara akan terganggu. 

    Sebab, jarak pandang pengemudi menjadi terhalang akibat hujan yang mengenai kaca depan. Agar kinerjanya tetap maksimal, ada beberapa hal yang harus dicek, diantaranya adalah sebagai berikut. 

    1. Usia Pemakaian

    Seperti komponen lainnya, wiper blade juga memiliki masa pakai tertentu yaitu sekitar dua tahun atau mobil yang sering parkir di lokasi terbuka dan terpapar sinar matahari. Komponen yang satu ini harus segera diganti apabila terdapat hal-hal sebagai berikut: 

    • Dalam menyapu kaca mobil bagian depan dan belakang tidak sempurna saat menyeka air.
    • Kondisi karet menjadi keras, semakin tipis, atau sobek.

    2. Kelenturan Karet Wiper Blade

    Hal yang perlu dicek dari wiper mobil di musim hujan berikutnya adalah kelenturan karetnya. Apabila sudah terasa tidak lentur lagi, maka derasnya air hujan atau cipratan kotoran tidak bisa tersapu bersih.  

    3. Wiper Fluid

    Kinerja penyapu kaca akan semakin maksimal dengan adanya wiper fluid yang disesuaikan dengan jenis mobil. Cairan khusus ini memiliki fungsi untuk membersihkan kaca mobil dari air hujan, minyak, atau kotoran lainnya yang sulit dibersihkan jika hanya dengan air biasa. 

    4. Kondisi Kaca Depan Mobil

    Pengecekan juga bisa dilakukan dengan cara melihat kondisi kaca mobil bagian depan. Jika terlihat banyak goresan atau seperti baret dan terdengar suara gesekan setiap kali bergerak, itu tandanya wiper blade harus segera diganti. 

    5. Dinamo Wiper

    Tidak hanya karetnya saja, dinamo atau motor penggerak juga merupakan hal yang perlu dicek dari wiper mobil di musim hujan. Sebab, pergerakannya akan menjadi lambat ketika fungsi dari dinamo tersebut bermasalah. 

    Kondisi tersebut biasanya dialami oleh mobil yang usia pakainya sudah lebih dari 20 tahun atau terdapat kabel yang putus. Jika hal tersebut terjadi, sebaiknya segera lakukan perbaikan di bengkel agar kerusakan tidak semakin parah.

    6. Nozzle Penyemprot Air Wiper

    Hal lainnya yang perlu dicek adalah nozzle penyemprot air pada wiper. kendala yang sering terjadi adalah lubang nozzle yang tersumbat. Akibatnya, semburan air dari kepala washer wiper menjadi terhambat mulai dari posisi yang tidak tepat hingga aliran airnya yang kecil.