Berita

    Mengenal Fungsi Bike Carrier dan Cara Memasangnya

    Bersepeda adalah salah satu aktivitas olahraga favorit banyak orang. Namun terkadang, jarak medan atau jalur untuk bersepeda cukup jauh dari area tempat tinggal. Untuk kasus seperti ini, penggunaan rak sepeda mobil atau bike carrier bisa menjadi solusi.

    Ini memungkinkan pesepeda untuk sampai ke lokasi tanpa merasa terlalu lelah. Karena alasan ini, bike carrier menjadi semakin populer di kalangan para pesepeda. Jadi, ketahui apa saja fungsi hingga cara memasangnya dengan benar dan aman saat bepergian.

    Fungsi dan Tipe Rak Sepeda Mobil

    Sesuai namanya, rak sepeda berfungsi sebagai tempat untuk membawa sepeda di atas atau di belakang mobil. Biasanya, alat ini terbuat dari bahan yang kuat dan tahan lama seperti baja atau aluminium.

    Dengan menggunakan bike carrier, maka Anda bisa menghemat waktu dan tenaga untuk membawa sepeda ke berbagai lokasi yang berbeda. Mulai dari jalur sepeda gunung, jalur di car free day, area wisata, dan lain sebagainya. Berikut adalah 2 tipenya yang paling umum:

    • Roof Mounted Bike Racks (Rak Sepeda di Atap Mobil)

    Tipe ini memungkinkan sepeda Anda dipasang di atas atap mobil, biasanya di atas roof bars atau roof rack. Kelebihannya adalah dapat membebaskan akses ke bagasi, meskipun pemasangannya cukup sulit.

    • Rear Mount Bike Racks (Rak Sepeda di Belakang Mobil)

    Dengan ini, sepeda Anda bisa dipasang di bagian belakang mobil, biasanya di pintu belakang. Meski letaknya menghalangi akses ke bagasi, namun pemasangannya lebih mudah dibanding tipe rak sepeda di atap.

    Cara Memasang Bike Carrier di Mobil Anda

    cara memasang bike carrier

    Freepik.com

    Pemilihan tipe bike carrier bisa bervariasi tergantung pada jenis mobil, jumlah sepeda yang ingin dibawa, dan preferensi pribadi. Apapun jenisnya, berikut ini adalah panduan cara pemasangan rak sepeda secara umum dengan benar dan aman:

    1. Pilih Bike Carrier yang Sesuai

    Sebelum mulai memasangnya, pertama-tama pastikan Anda telah memilih tipe rak sepeda mobil yang sesuai dengan tipe mobil maupun preferensi Anda.

    Sebab, terkadang ada pula tipe mobil yang sudah dilengkapi dengan roof rack di atap mobilnya yang bisa digunakan sebagai tempat pemasangan roof mounted bike rack. Contohnya seperti mobil tipe MPV, SUV, dan hatchback modern.

    1. Siapkan Alat dan Perlengkapan

    Siap semua alat dan perlengkapan yang diperlukan seperti kunci pas, kunci inggris, dan tali pengikat tambahan. Beberapa bike carrier juga ada yang dilengkapi dengan perlengkapan khusus yang perlu Anda periksa sebelum memasangnya.

    1. Periksa Bodi Mobil

    Selanjutnya, periksa bodi mobil Anda. Pastikan tidak ada kerusakan atau masalah yang dapat mempengaruhi pemasangan. Juga, pastikan tidak ada komponen penting yang akan terhalangi oleh bike carrier tersebut, misalnya plat nomor atau lampu sein.

    Kemudian, bahwa pemasangannya tidak akan mengganggu aerodinamika mobil. Misal, rak yang terpasang di atap bisa membuat mobil jadi lebih tinggi, sehingga angin dari depan akan tertahan di atas mobil dan membuatnya terasa lebih berat. 

    1. Pasang Bike Carrier sesuai Petunjuk

    Jika semua tahap persiapan sudah dilakukan, Anda sudah bisa memasang rak sepeda sesuai tipenya dengan cara mengikuti petunjuk dari produsen. Pastikan untuk mengencangkan pengikatnya dengan baik agar tidak mudah goyang atau terlepas.

    Bila perlu, selalu gunakan tali pengikat tambahan saat membawa sepeda di jalanan yang berlubang. Hal ini akan memastikan bahwa sepeda tetap kokoh meskipun melewati jalan yang tidak rata.