Berita

    Tips Aman! Menghadapi Ban Mobil Pecah Saat Berkendara

    Salah satu insiden yang perlu diantisipasi saat berkendara yaitu ban mobil pecah. Hal tersebut dapat terjadi di berbagai tempat, terlebih jika ada penyebab yang memicunya.

    Maka dari itu, menjadi penting untuk mengetahui penyebab dan cara mengatasi insiden tersebut. Simak penjelasan berikut supaya dapat melakukan antisipasi dengan optimal.

    Penyebab Ban Mobil Pecah

    Ada berbagai hal yang bisa menjadi penyebab yang sebaiknya Anda waspadai, karena bisa membuat ban mobil Anda pecah, misalnya sebagai berikut:

    • Ban Kekurangan Tekanan Udara

    Hal pertama yang bisa menjadi penyebab yaitu ketika kurangnya tekanan udara atau angin pada ban mobil.

    Dengan tekanan udara yang minim, namun tetap harus menghadapi berbagai jenis pergerakan, maka berisiko membuat kawat baja menjadi mudah putus dan ban mobil dapat pecah.

    • Terkena Benda Tajam

    Penyebab kedua yaitu ban terkena benda tajam ketika sedang menempuh perjalanan, sehingga karetnya bisa robek.

    • Ukuran Velg yang Tidak Sesuai

    Kesesuaian ukuran velg menjadi hal penting, karena ukuran yang salah dapat memicu beban yang tidak stabil untuk ban.

    • Melewati Jalanan Berlubang

    Mobil melalui jalanan berlubang dan berisiko membuat ban menjadi luka atau pecah. Hal ini semakin berisiko jika melaju dengan kecepatan tinggi.

    • Kondisi Ban yang Tidak Baik

    Memastikan kondisi setiap komponen mobil merupakan hal penting, termasuk ban. Jika sudah tidak baik atau rusak, maka dapat menimbulkan berbagai risiko, misalnya ban pecah.

    • Tekanan Angin Ban Terlalu Tinggi

    Sama halnya dengan kekurangan angin, tekanan yang terlalu tinggi juga bisa membuat ban mudah pecah. Ini dapat diakibatkan banyak faktor, misalnya karena bagian dalam ban yang rusak atau terkena benda luar. 

    Cara Mengatasi Ban Mobil Pecah saat Berkendara

    Jika di tengah perjalanan mengalami masalah pecahnya ban mobil, maka langkah-langkah berikut dapat Anda ikuti supaya tetap aman hingga ban mobil terganti dengan yang baru.

    • Pastikan untuk Tetap Tenang

    Ketika mengalami insiden ini, wajar saja jika Anda langsung terkejut. Namun, hal penting yang perlu diperhatikan adalah jangan sampai panik secara berlebihan.

    Tetaplah tenang, sehingga Anda bisa lebih mudah untuk mengontrol situasi. Dengan pikiran yang jernih, berbagai cara tepat juga dapat dilakukan dengan optimal.

    • Jangan Lakukan Rem Dadakan