Berita

    Simak Fungsi Throttle Position Sensor Pada Mobil & Cara Kerjanya

    Bila Anda merupakan pengguna kendaraan dengan tipe injeksi, Throttle Position Sensor atau TPS tentu bukan menjadi istilah yang asing lagi didengar. TPS merupakan bagian yang sangat penting. 

    Bahkan, jika terjadi kerusakan pada bagian TPS ini, tarikan motor akan menjadi kurang responsive bahkan cenderung berjalan lambat. 

    Pengertian Throttle Position Sensor

    TPS merupakan sensor yang lokasinya berada di sistem EFI. Jika dilihat secara garis besar, fungsi yang dimiliki TPS adalah untuk mengetahui besaran sudut uka di bagian throttle valve. Di TPS ini menggunakan variable resistor untuk medianya. 

    Agar dapat menghasilkan besaran tegangan yang disesuaikan dengan throttle valve. Besaran di sudut buka throttle valve ini berikutnya akan dikonversi dengan TPS, dan menjadi bentuk tegangan arus DC. 

    Sumber tegangannya diberikan dari Engine Control Unit atau ECU. Bila semakin besar sudut yang terbuka di throttle valve, tegangan yang dihasilkan TPS juga akan menjadi semakin besar. 

    Perubahan besaran jumlah tegangan yang dihasilkan TPS akan dibaca oleh sistem ECU sebagai besaran sudut terbuka dari throttle valve di throttle body. 

    Fungsi Throttle Position Sensor

    Bila sudah mengetahui gambaran TPS secara garis besar, Anda juga harus mengetahui fungsi mendetail dari TPS. Berikut fungsi yang dimiliki TPS, antara lain:

            1. Mengetahui Mode dan Posisi Mesin

    ECU menggunakan Throttle Position Sensor untuk mengetahui mode dan posisi mesin agar bisa memilih waktu yang tepat untuk proses pengapian serta waktu injeksi. 

            2. Mematikan Switch AC

    Saat throttle valve dengan keadaan terbuka penuh, TPS akan otomatis mematikan switch AC untuk mengontrol emisi. Hal tersebut menunjukkan keadaan akselerasi di bagian kendaraan atau beban penuh, sehingga ECU akan menggunakan indikator untuk mematikan AC. 

            3. Mengecek Udara serta Bahan Bakar 

    Sesuai dengan data dari berbagai sensor, koreksi materi bakar yaitu air serta fuel ratio akan dilakukan sistem ECU. 

            4. Memeriksa Peningkatan Tenaga Mesin

    Fungsi Throttle Position Sensor juga melakukan control fuel cut, fuel cut ini mempunyai pengertian yakni menghentikan pasokan materi bakar. Pasokan materi bakar akan dihentikan dengan menonaktifkan injector di semua silinder msin.