Berita

    Wajib Tahu! Cara Memilih Shockbreaker Mobil yang Tepat

    Shockbreaker mobil merupakan komponen yang tidak boleh diabaikan dalam sistem suspensi. Oleh sebab itu, memilih shockbreaker yang tepat sangat penting untuk menjaga performa dan keamanan saat berkendara.

    Ketahui beberapa faktor yang perlu Anda pertimbangkan saat memilih shockbreaker yang sesuai untuk kendaraan Anda.

    Sebelum Memilih Shockbreaker Mobil, Pertimbangkan 5 Faktor Ini

    Memilih shockbreaker yang tepat untuk mobil Anda bukanlah tugas yang mudah. Ada banyak faktor yang perlu dipertimbangkan untuk memastikan bahwa Anda membuat pilihan yang tepat, seperti:

    • Jenis Mobil

    Jenis dan ukuran mobil Anda sangat mempengaruhi jenis shockbreaker yang Anda butuhkan.

    Sebagai contoh, mobil yang memiliki berat dan dimensi besar umumnya memerlukan shockbreaker dengan mekanisme ganda (double action). Jenis shockbreaker ini mampu berfungsi optimal bahkan saat terkena tekanan yang tinggi.

    Namun, pada mobil yang memiliki bentuk kecil dan berat yang ringan, lebih cocok menggunakan shockbreaker dengan mekanisme tunggal (single action). Jenis shockbreaker ini memberikan tingkat kenyamanan yang lebih baik.

    Apabila dipaksakan untuk dipasang pada mobil yang berat dan membawa muatan banyak, umur shockbreaker akan jadi lebih pendek dan kinerjanya tidak akan mencapai tingkat optimal.

    • Gaya Berkendara

    Gaya berkendara Anda juga mempengaruhi jenis shockbreaker yang Anda butuhkan. Jika Anda sering berkendara di jalan berlubang atau tidak rata, Anda mungkin membutuhkan shockbreaker yang lebih kuat dan tahan lama.

    Shockbreaker yang keras, seperti Bilstein, sangat nyaman digunakan pada mobil bermuatan berat dan banyak. Melaju di jalanan berlubang atau tidak rata, pengendara akan tetap nyaman dengan guncangan yang cukup minim.

    Sebaliknya, jika Anda kebanyakan berkendara di jalan dengan permukaan rata, shockbreaker mobil dengan tingkat kelenturan yang lebih tinggi mungkin lebih cocok.

    • Jenis Suspensi

    Ada dua jenis suspensi utama, yaitu suspensi independen dan non-independen. Suspensi independen memungkinkan roda bergerak secara independen satu sama lain, memberikan kenyamanan berkendara yang lebih baik pada jalan yang tidak rata.

    Sementara itu, suspensi non-independen menghubungkan roda di satu sisi mobil, memberikan stabilitas yang lebih baik pada kecepatan tinggi.

    • Kualitas dan Kondisi Fisik