Berita

    Tips Ramadan! Cara Tetap Fit saat Berkendara

    Menjelang bulan suci Ramadan banyak hal yang dipersiapkan oleh umat muslim, salah satunya adalah menerapkan cara tetap fit saat berkendara. Merasa lemas, cepat lelah, lapar, dan haus merupakan hal yang wajar. 

    Pasalnya, puasa dalam hitungan belasan jam setiap hari bisa membuat dehidrasi dan gula darah menurun. Meskipun demikian, bukan berarti Anda harus berdiam diri seharian penuh. Lantas, bagaimana cara agar kondisi tubuh tetap fit saat berpuasa?  Berikut penjelasannya!

    Begini Cara Tetap Fit saat Berkendara selama Bulan Ramadan

    Tetap menjalankan aktivitas seperti biasa ketika berpuasa memang membutuhkan stamina yang kuat. Untuk itu, Anda harus pandai mengatur waktu dan menjaga kondisi tubuh agar tetap fit. 

    Beberapa cara agar bisa tetap bugar selama bulan Ramadan diantaranya adalah sebagai berikut:  

    • Perhatikan Asupan Gizi

    Cara pertama agar tetap bugar saat berkendara selama bulan puasa adalah harus memperhatikan asupan makanan yang dikonsumsi. Seperti, karbohidrat, daging, sayur, dan buah-buahan segar.

    Bila perlu, lengkapi kebutuhan gizi dan nutrisi dengan suplemen. Dengan begitu, tubuh akan tetap bugar meski dalam kondisi perut kosong karena kebutuhan energi telah terpenuhi saat Anda sahur. 

    • Istirahat yang Cukup

    Tak dipungkiri, waktu istirahat dan tidur akan berkurang karena ada beberapa aktivitas tambahan selama Ramadan. Misalnya saja, menyiapkan hidangan untuk berbuka dan sahur, sholat tarawih, dan tadarus. 

    Untuk itu, atur waktu sebaik mungkin agar Anda tetap mendapatkan istirahat dan tidur yang cukup antara 7 hingga 9 jam per hari. 

    • Olahraga Ringan

    Selain memperhatikan asupan makanan dan waktu istirahat, Anda juga harus perlu berolahraga. 

    Tidak perlu yang ekstrem, hanya dengan olahraga ringan seperti berjalan kaki selama beberapa menit saja sudah membantu kondisi tubuh tetap sehat dan bugar. 

    • Jangan Memaksakan Diri

    Cara tetap fit saat berkendara selama menjalankan ibadah puasa adalah dengan menyadari kemampuan diri. Artinya, Anda harus mengerti akan batasan kekuatan tubuh dalam beraktivitas. 

    Jadi, jangan dipaksa untuk bekerja jika tubuh sudah mulai lelah, terutama saat berkendara. Saat mulai merasa lesu dan mengantuk, segera arahkan kendaraan menuju rest area terdekat dan beristirahatlah. 

    Jangan paksakan diri untuk terus mengemudi karena akan berpotensi terjadi kecelakaan lalu lintas!

    • Kontrol Emosi saat Berkendara 

    Mudah emosi dan tidak sabar merupakan sebagian dampak dari berpuasa. Apalagi jika dibarengi dengan kondisi cuaca yang panas dan jalanan yang macet sedangkan Anda harus berkonsentrasi ketika berkendara. 

    tahan emosiPexels.com

    Semua itu bisa membuat emosi semakin mudah tersulut. Cara mengatasi kondisi ini adalah tetap bersabar dan selalu hati-hati ketika berkendara. Selain itu, hindari melakukan hal-hal yang kurang penting pada saat berada di jalan raya. 

    Terakhir, sadari bahwa pengendara lainnya yang berada di sekitar Anda pun mungkin juga sedang berpuasa. Dengan begitu, Anda akan tetap aman dan ibadah puasa pun tetap berjalan dengan baik dan lancar. 

    • Atur Kecepatan

    Hindari berkendara dengan kecepatan tinggi serta manuver secara tiba-tiba. Selain itu, hindari pula jalur yang padat dan rentan macet agar tidak mudah emosi yang hanya akan menguras tenaga.   

    • Mengobrol atau Dengarkan Musik

    Saat melakukan perjalanan jauh, merasa bosan, atau terjebak macet, semua itu bisa teratasi dengan mendengarkan musik. 

    Jika kebetulan berkendara bersama teman atau rekan, ajaklah berbincang namun tetap dengan berkonsentrasi pada kondisi jalanan. Kedua hal tersebut ampuh untuk mengatasi rasa bosan atau mengantuk saat berkendara. 

    Itulah berbagai cara yang bisa dilakukan selama bulan Ramadan agar tetap fit selama beraktivitas. Selain menerapkan cara tetap fit saat berkendara tersebut, jangan lupa untuk servis rutin di bengkel Suzuki terdekat!