Berita

    PERHATIKAN! Tekanan Angin Ban yang Benar Seharusnya Segini

    Banyak pengguna mobil kurang memperhatikan tekanan angin di ban mobil mereka, sementara banyak kasus kecelakaan karena faktor tekanan angin yang terlalu keras atau kurang. Sebenarnya tekanan angin di ban sudah diatur oleh pabrikan ban tersebut. Hal ini menyesuaikan faktor ketebalan karet, dan struktur yang disesuaikan dengan jenis mobilnya. Makin berat muatan tentu ukuran ban dan tekanan angin nya akan makin besar sebagai kompensasi bobot muatan. Demikian halnya dengan ban mobil kita. Tekanan angin ban mobil harus menyesuaikan muatan mobil. Apabila kita memiliki sebuah mobil keluarga yang membawa total 7 penumpang, tentu tekanan angin ban nya akan berbeda dengan saat tidak membawa penumpang. Jangan lupa untuk memperhatikan jarak yang akan ditempuh oleh mobil tersebut untuk meminimalisir potensi kecelakaan yang akan terjadi. Itulah alasannya kita sering melihat himbauan polisi, DLLAJR, asuransi, dan pihak lain untuk mengecek tekanan angin ban pada saat akan berpergian jauh misalkan saat mudik dan liburan akhir tahun.

    Berikut ini adalah rekomendasi tekanan angin ban dari tiap jenis mobil:

    • Mobil MPV : (33-36) Psi
    • Mobil City Car : (30 – 36) Psi
    • Mobil Sedan : (30 – 33) Psi
    • Mobil SUV : (35 – 40) Psi.

    Mobil yang berpenumpang penuh dan hendak melakukan perjalanan jauh, sebaiknya menggunakan batas tekanan atas. Sedangkan untuk jarak pendek dengan penumpang yang sedikit, gunakanlah tekanan bawah. Lakukan pengecekan tekanan angin ban pada tukang ban atau SPBU terdekat. Akan lebih baik apabila anda mengisi angin ban anda menggunakan nitrogen.

    Selain memeriksakan tekanan ban, untuk anda yang sedang akan melakukan perjalanan jauh, pastikan juga mesin anda dalam kondisi prima. Kunjungi bengkel resmi Suzuki di wilayah Tegal da. Booking segera jadwal servis anda pada halaman Service di website www.suzukiarindo.co.id