Berita

    Setir Mobil Goyang, Segera Periksa Komponen Ini!

    Saat mengendarai mobil, pernahkah Anda merasa ada yang tidak beres dengan mobil Anda? Salah satunya, setir mobil tiba-tiba seperti bergoyang saat digunakan.

    Itu bukan halusinasi, atau sekadar kekhawatiran tak jelas Anda. Sebab ternyata, ada masalah serius apabila setir pada mobil Anda goyang. 

    Ada beberapa penyebab setir pada mobil goyang saat berkendara. Ini dia penyebabnya:

            1. Kampas rem habis

    Mobil biasanya memiliki dua kampas rem. Fungsinya untuk menjepit piringan cakram.

    Nah, apabila salah satu dari kampas rem mobil ini habis, maka kendaraan jadi tidak balance atau seimbang. Akibatnya, setir bisa bergoyang. 

    Untuk itu, jika kampas rem ini habis, segera bawa mobil Anda ke bengkel terdekat ya!

            2. Velg mengalami kerusakan

    Penyebab yang bisa terjadi berikutnya yakni adanya kerusakan pada velg mobil. Apalagi jika medan jalan yang Anda lewati bergelombang atau rusak.

    Biasanya velg ini mengalami deformasi pada lingkar dan permukaannya. Karena hal itu pula, maka tidak imbang putarannya. 

    Maka dari itu, apabila Anda sering berkendara pada medan jalan yang demikian, periksa secara rutin velg Anda. Supaya mobil tetap seimbang dan setir tak goyang.

            3. Ban mobil menggelembung

    Ban mobil yang menggelembung juga bisa jadi penyebab setir pada mobil Anda tiba-tiba goyang. Sebab, bisa jadi ban mobil Anda sudah tidak layak pakai karena lama tak diganti.

    Untuk itu sebelum berkendara, pastikan kondisi mobil Anda dalam keadaan yang baik. Di antaranya tidak menggelembung, atau bahkan terlalu tipis.

            4. Tidak dilakukan balancing

    Selain karena ban yang menggelembung, setir mobil goyang juga disebabkan karena tidak dilakukan balancing pada roda mobil. Untuk itu, perlu sekali melakukan pemeriksaan secara berkala pada roda mobil.

    Di antaranya memeriksa kondisi ban, rotasi roda, juga melakukan balancing.

            5. Belum dilakukan spooring

    Selain balancing, mobil Anda perlu dilakukan spooring. Hal ini supaya mobil tidak kesulitan untuk berjalan lurus. 

    Anda sebaiknya melakukan balancing dan spooring rutin 2 - 3 bulan sekali. Selain supaya setir tidak goyang, mobil bisa stabil dan bisa menghemat bahan bakar.